Sintesis dan karakterisasi poliblend polistirena-pati serta biodegradasinya dengan Aspergillus niger / Betty Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi poliblend polistirena-pati serta biodegradasinya dengan Aspergillus niger / Betty Masruroh

Masruroh, Betty (2009) Sintesis dan karakterisasi poliblend polistirena-pati serta biodegradasinya dengan Aspergillus niger / Betty Masruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemanfaatan plastik yang tinggi dan proses degradasi yang sulit menimbulkan masalah bagi lingkungan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membuat plastik biodegradable. Dalam penelitian ini usaha untuk membuat plastik biodegradable dipelajari dengan membuat poliblend polistirena dan pati tapioka yang kemudian diuji kemampuan biodegradasinya dengan menggunakan Aspergillus niger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat poliblend polistirena dan pati tapioka dan mengetahui kemampuan biodegradasi poliblend tersebut oleh Aspergillus niger. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang terdiri dari dua tahap utama. Tahap pertama adalah tahap sintesis poliblend polistirena dan pati tapioka. Styrofoam dilarutkan dalam toluena sambil ditambahkan pati tapioka dengan berbagai komposisi dan diaduk dengan magnetic stirer. Campuran ini kemudian dicetak dan diangin-anginkan sampai kering. Tahap kedua adalah uji biodegradasi poliblend selama 1 bulan dengan Aspergillus niger kemudian dilanjutkan dengan karakterisasi poliblend yang meliputi uji viskositas untuk menghitung massa molekul relatif polimer hasil biodegradasi uji Spektroskopi Infra Merah dan uji kekuatan tarik poliblend. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa poliblend yang dihasilkan merupakan campuran secara fisik. Hal ini dapat diketahui dari hasil spektrum IR yaitu tidak terjadi penambahan maupun pengurangan gugus fungsi spesifik dari poliblend. Massa molekul relatif polimer hasil biodegradasi menurun seiring dengan bertambahnya massa pati (pati 0% 475.912 474 pati 20% 371.422 071 pati 40% 242.478 232 dan pati 50% 130.638 414) dan kekuatan tarik poliblend menurun seiring dengan bertambahnya massa pati (pati 0% 23 6 Mpa pati 20% 15 4 Mpa pati 40% 13 2 Mpa dan pati 50% 9 8 Mpa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23347

Actions (login required)

View Item View Item