Sintesis dan karakterisasi zink stearat dari asam stearat dengan zink klorida / Laili Nuzula - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi zink stearat dari asam stearat dengan zink klorida / Laili Nuzula

Nuzula, Laili (2009) Sintesis dan karakterisasi zink stearat dari asam stearat dengan zink klorida / Laili Nuzula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sabun yang selama ini dikenal masyarakat merupakan suatu garam dari asam karboksilat suku tinggi dengan natrium atau kalium. Berdasarkan pengertian sabun sebagai suatu garam dari asam karboksilat rantai panjang maka kation Na atau K dapat ditukar dengan kation lain misalnya aluminium. Keberhasilan sintesis sabun aluminium mendorong dilakukan penelitian untuk mensintesis sabun zink dengan metode yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis zink stearat dari asam stearat dengan zink klorida dan mengetahui karakterisasinya. Penelitian ini merupakan survei laboratoris melalui eksperimen. Tahapan sintesis zink stearat yang dilakukan adalah (1) sintesis sabun natrium melalui reaksi saponifikasi asam stearat dengan natrium hidroksida (2) sintesis zink stearat melalui reaksi trans-saponifikasi sabun natrium dengan zink klorida (3) pemurnian senyawa hasil sintesis dengan cara pencucian berulang-ulang menggunakan aquades (4) karakterisasi senyawa hasil sintesis yang meliputi penentuan titik lebur uji kelarutan degradasi dengan asam nitrat 2 M dan asam klorida dengan pH 1 2 dan 3 analisis kualitatif ion zink dan klorida secara kimiawi dan analisis kuantitatif zink dan natrium dengan Spektrofotometer Serapan Atom (5) identifikasi gugus fungsi senyawa hasil sintesis dengan metode spektrofotometri Inframerah. Data yang digunakan untuk mengetahui karakter senyawa hasil sintesis didasarkan pada data-data yang diperoleh dari tahap-tahap penelitian tersebut. Zink stearat hasil sintesis adalah zink dikarboksilat berupa serbuk putih dengan titik lebur 126-130 C kelarutan dalam benzena 0 030 g/mL dan pernis 0 020 g/mL. Analisis kuantitatif zink dengan AAS menunjukkan zink stearat hasil sintesis adalah zink dikarboksilat. Identifikasi dengan metode spektrofotometri IR mengandung anion karboksilat pada zink stearat hasil sintesis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item