Sintesis dan karakterisasi sabun zink dari minyak sawit (Elaeis guinensis) dengan zink sulfat / Rindy Astri Wilujeng - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi sabun zink dari minyak sawit (Elaeis guinensis) dengan zink sulfat / Rindy Astri Wilujeng

Wilujeng, Rindy Astri (2009) Sintesis dan karakterisasi sabun zink dari minyak sawit (Elaeis guinensis) dengan zink sulfat / Rindy Astri Wilujeng. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wilujeng Rindy Astri. 2009. Sintesis dan Karakterisasi Sabun Zink dari Minyak Sawit (Elaeis guinensis) dengan Zink Sulfat. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sutrisno M.Si. (II) Dra. Dedek Sukarianingsih M.Pd. M.Si. Kata Kunci sabun zink minyak sawit trans-saponifikasi zink sulfat Konsep awal tentang sabun sebagai garam karboksilat dari ion logam alkali telah berkembang menjadi sabun lain yang bukan dari logam alkali dan memilki sifat serta fungsi yang berbeda dari sabun logam alkali. Sabun aluminium telah berhasil disintesis dari asam lemak dan juga minyak nabati seperti minyak sawit minyak jarak pagar dan minyak jarak kepyar. Sabun zink oleat dan zink stearat berhasil disintesis menggunakan zink klorida dengan asam stearat dan asam oleat. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang pemanfaatan minyak sawit sebagai bahan pembuatan sabun zink. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis sabun zink dari minyak sawit dan zink sulfat. Penelitian survei laboratoris ini dilakukan dengan tahap-tahap sebagai berikut (1) sintesis sabun natrium melalui reaksi saponifikasi minyak sawit dengan natrium hidroksida (2) sintesis sabun zink melalui reaksi trans-saponifikasi sabun natrium dengan zink sulfat (3) pemurnian senyawa hasil sintesis dengan cara pencucian menggunakan aquades (4) karakterisasi senyawa hasil sintesis yang meliputi uji kelarutan penentuan titik lebur degradasi sabun zink analisis kualitatif ion Zn2 dan SO42- secara kimiawi analisis kuantitatif logam zink dan natrium dengan AAS (5) identifikasi gugus fungsi senyawa hasil sintesis dengan spektrofotometri inframerah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sabun zink dapat disintesis dari minyak sawit dengan zink sulfat melalui reaksi saponifikasi yang dilanjutkan dengan reaksi trans-saponifikasi. Sabun zink hasil sintesis berupa serbuk putih dengan titik lebur 84-92oC kelarutannya dalam kloroform 0 002 g/mL benzena 0 017 g/mL pernis 0 010 g/mL serta tidak larut dalam air dingin air panas etanol absolut aseton petroleum eter n-heksana dan oktanol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23344

Actions (login required)

View Item View Item