Identifikasi konsep sukar dan kesalahan konsep pada pokok bahasan unsur, senyawa dan campuran pada siswa kelas VII-F SMP Negeri I Sumenep / Fita Maria Antasari

Antasari, Fita Maria (2010) Identifikasi konsep sukar dan kesalahan konsep pada pokok bahasan unsur, senyawa dan campuran pada siswa kelas VII-F SMP Negeri I Sumenep / Fita Maria Antasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Antasari, Fita Maria. 2008. Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep pada Pokok Bahasan Unsur, Senyawa, dan Campuran pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri I Sumenep. Skripsi, Jurusan Kimia Program Studi Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Srini M. Iskandar, M.Sc., PhD., (II) Dra. Nazriati, M.Si. Kata kunci: konsep sukar, kesalahan konsep, unsur, senyawa, dan campuran Alasan dan fokus bidang studi kimia adalah mengutamakan penguasaan konsep dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, maka penguasaan konsep-konsep kimia oleh siswa sangatlah mutlak. Begitu pun dengan penguasaan konsep-konsep dalam materi unsur, senyawa, dan campuran yang merupakan konsep sederhana juga harus dikuasai dengan baik, karena konsep-konsep sederhana akan diperlukan bagi siswa untuk memahami konsep yang lebih kompleks. Jika konsep-konsep tidak dikuasai dengan baik maka kemungkinan siswa akan mengalami kesukaran untuk mempelajarinya yang kemudian konsep tersebut menjadi konsep sukar sampai akhirnya siswa mengalami kesalahan konsep. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep apa saja yang dianggap sukar oleh siswa, mengetahui kesalahan konsep apa saja yang dialami oleh siswa, serta mengetahui berapa persen siswa yang mengalami kesalahan konsep. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitaf. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri I Sumenep. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik sampel random kelompok dengan dasar pemikiran bahwa setiap kelas dalam populasi memiliki kemungkinan yang sama besarnya menjadi anggota sampel, hingga didapatkan kelas VII-F SMP Negeri I Sumenep sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah tes obyektif dengan empat pilihan jawaban yang terdiri dari 34 soal, serta wawancara sebagai triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pemberian skor, (2) pengelompokan butir soal kedalam konsep berdasarkan kisi-kisi soal, (3) menghitung persentase jumlah siswa yang menjawab salah untuk penentuan konsep sukar, (4) menghitung persentase tiap butir pilihan jawaban salah, (5) penentuan kesalahan konsep, dan (6) triangulasi (wawancara). Wawancara dilakukan untuk memeriksa derajat kepercayaan informasi yang didapat melalui tes tertulis, sehingga keabsahan data lebih akurat. Konsep yang dianggap sukar oleh siswa adalah tentang rumus kimia unsur, sifat unsur, unsur logam dan non-logam, sifat senyawa, pembentukan molekul, rumus kimia senyawa, jumlah atom dalam senyawa, sifat campuran, sifat larutan, mikroskopik unsur, mikroskopik senyawa, dan mikroskopik campuran. Kesalahan konsep terjadi pada konsep: (a) senyawa, (b) jumlah atom dalam senyawa, dan (c) gambaran mikroskopik senyawa. Persentase kasalahan konsep yang terjadi pada konsep-konsep di atas adalah: (a) 7,5%, (b) 42,5% (c) 45%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23340

Actions (login required)

View Item View Item