Pelatihan instruksi diri dalam konseling kelompok Adlerian untuk mengurangi inferioritas siswa SMP / Siti Risalatin Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelatihan instruksi diri dalam konseling kelompok Adlerian untuk mengurangi inferioritas siswa SMP / Siti Risalatin Ningsih

Ningsih, Siti Risalatin (2017) Pelatihan instruksi diri dalam konseling kelompok Adlerian untuk mengurangi inferioritas siswa SMP / Siti Risalatin Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ningsih Siti Risalatin. 2017. Pelatihan Instruksi Diri dalam Konseling Kelompok Adlerian untuk Mengurangi Inferioritas Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Andi Mappiare AT M.Pd. (2) Dr. Hj. Muslihati S.Ag M.Pd. Kata Kunci Inferioritas instruksi diri konseling kelompok Adlerian Inferioritas adalah perasaan dan pikiran negatif terhadap diri sendiri dengan menganggap dirinya tidak memiliki kemampuan dalam menghadapi tugas-tugas perkembangan yang harus diselesaikan dalam aspek penghargaan terhadap diri sendiri kepercayaan sosial kemampuan dalam bidang akademik penampilan fisik dan kemampuan fisik. Salah satu teknik dalam pendekatan konseling Cognitive Behavior yakni instruksi diri dapat digunakan untuk membantu mengurangi perasaan inferioritas. Melalui tujuh tahap yang meliputi pemberian rasional pemodelan overt external guidance verbalisasi overt verbalisasi faded overt verbalisasi covert dan pemberian tugas rumah pelatihan instruksi diri dilakukan dalam setting konseling kelompok Adlerian yang mana dalam pelaksanaannya memberikan dorongan keyakinan positif terhadap apa yang akan dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat inferioritas antara sebelum dan sesudah pemberian treatment yang dilakukan dengan menerapkan pelatihan instruksi diri dalam konseling kelompok Adlerian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre Experiment dengan model one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tujuh siswa dengan nilai tertinggi yang diambil dari populasi 25 siswa SMP kelas VII. Instrumen dalam penelitian ini adalah buku pedoman eksperimen pelaksanaan teknik instruksi diri dalam konseling kelompok Adlerian dan skala inferioritas yang digunakan untuk mengukur tingkat inferioritas siswa SMP. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signed Ranks Test menggunakan SPSS 20.0 for Windows. Data disajikan dalam bentuk deskriptif dan grafik yang menggambarkan perbedaan skor sebelum dan sesudah pemberian treatment. Hasil analisis uji Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0 018 dimana nilai tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2333

Actions (login required)

View Item View Item