Variasi konsentrasi dan waktu pada reaksi pengendapan kromium (III) dengan senyawa karbonat / Hidayatun Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Variasi konsentrasi dan waktu pada reaksi pengendapan kromium (III) dengan senyawa karbonat / Hidayatun Nikmah

Nikmah, Hidayatun (2009) Variasi konsentrasi dan waktu pada reaksi pengendapan kromium (III) dengan senyawa karbonat / Hidayatun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kromium buangan industri tergolong limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang merupakan salah satu komponen pencemaran air. Apabila limbah tersebut dibuang ke dalam perairan sungai maka dapat menimbulkan pengaruh terhadap penurunan kualitas perairan sungai. Pada kadar tertentu kromium dapat membahayakan lingkungan sekitar karena bersifat toksik. Oleh karena itu perlu penanganan lebih lanjut terhadap air limbah industri agar tidak terjadi pencemaran air di perairan sungai. Telah dilakukan metode koagulasi dengan menggunakan koagulan besi(III) klorida dan kalsium hidroksida yang dapat menurunkan konsentrasi kromium. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan tersebut maka dilakukan penelitian lebih lanjut dengan tujuan untuk mengetahui (1) senyawa karbonat yang efektif sebagai koagulan (2) konsentrasi Na2CO3(aq) optimum pada proses pengendapan Cr(OH)3 (3) konsentrasi kromium(III) sisa dan persen pengendapan Cr(OH)3 pada saat penambahan Na2CO3(aq) optimum (4) waktu optimum yang dibutuhkan pada proses pengendapan Cr(OH)3. Pada penelitian dilakukan proses pengendapan Cr(OH)3 terhadap sampel kromium(III) secara laboratoris. Tahap pertama dalam penelitian adalah penentuan kondisi yaitu 1) menentukan konsentrasi Na2CO3(aq) yang dapat mengendapkan Cr(OH)3 2) menentukan senyawa karbonat yang akan digunakan sebagai koagulan dan 3) variasi konsentrasi Cr(NO3)3(aq) untuk mengendapkan Cr(OH)3 sedangkan tahap kedua adalah langkah kerja penelitian yang meliputi 1) pengendapan Cr(OH)3 dengan variasi konsentrasi Na2CO3(aq) dan 2) pengendapan Cr(OH)3 dengan variasi waktu pengendapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa senyawa karbonat yang efektif sebagai koagulan adalah Na2CO3(aq). Konsentrasi Na2CO3(aq) yang optimum pada pengendapan Cr(OH)3 sebesar 0 020 M. Pengendapan Cr(OH)3 dengan penambahan Na2CO3(aq) 0 020 M diperoleh konsentrasi kromium(III) sisa sebesar 0 146 ppm dan persen pengendapan 99 98%. Waktu pengadukan optimum yang diperoleh adalah 30 menit dan diperoleh persen pengendapan Cr(OH)3 sebesar 96 37%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item