Pengaruh kualitas air muara anak sungai terhadap kualitas air di sungai Surabaya / Rohismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kualitas air muara anak sungai terhadap kualitas air di sungai Surabaya / Rohismawati

Rohismawati (2009) Pengaruh kualitas air muara anak sungai terhadap kualitas air di sungai Surabaya / Rohismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan industri membawa dampak positif dan negatif. Dampak negatif dari kegiatan industri adalah adanya limbah industri yang merupakan salah satu sumber pencemaran. Banyak limbah industri mengandung senyawa anorganik berupa logam yang bersifat racun dan dapat menyebabkan kematian. Sungai Surabaya sebagai sungai utama DAS Brantas bagian hilir merupakan sumber utama PDAM untuk menyediakan air kebutuhan rumah tangga maupun industri di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Beberapa muara anak sungai yang menjadi salah satu sumber pemasukan air di Sungai Surabaya berada di dekat kawasan industri pertanian dan kepadatan penduduk tinggi sehingga sangat rawan terjadi pencemaran dan menjadi faktor penyebab pencemaran di Sungai Surabaya karena itu perlu dilakukan analisis parameter kualitas air untuk mengetahui seberapa besar pengaruh muara anak sungai terhadap kualitas air di Sungai Surabaya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui nilai parameter kualitas air di muara anak sungai dan Sungai Surabaya 2) mengetahui pengaruh kualitas air muara anak sungai terhadap kualitas air di Sungai Surabaya.Metode yang digunakan dalam penelitian bersifat survei lapangan. Titik pengambilan sampel berada di 8 lokasi Sungai Surabaya antara lain Bendungan Lengkong Baru Tambangan Canggu Jembatan Perning Tambangan Cangkir Tambangan Bambe Karang Pilang Jembatan Sepanjang dan Gunung Sari serta 5 titik muara anak Sungai Surabaya yaitu Watu Dakon Sungai Marmoyo Jembatan Perning Kloji Muara Kali Tengah dan Kali Asin. Parameter kualitas air yang dikaji antara lain pH suhu TSS TDS DO BOD COD dan CO2 terlarut. Untuk mengetahui pengaruh muara anak sungai terhadap tingkat pencemaran di Sungai Surabaya maka dilakukan perbandingan BOD dan COD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parameter kualitas air di Sungai Surabaya yang tidak memenuhi kriteria air untuk kelas II adalah pada Periode I suhu TSS BOD dan COD. Pada periode II TSS BOD dan DO di Gunung Sari. Pada periode III TSS BOD DO dan COD. Di muara anak Sungai Surabaya nilai parameter yang tidak memenuhi kriteria air untuk kelas II adalah pada Periode I suhu TSS BOD DO dan COD. Pada periode II suhu TSS TDS dan DO dan COD. Pada periode III Suhu TSS TDS DO dan COD. Berdasarkan perbandingan nilai BOD dan COD di muara anak sungai dan Sungai Surabaya maka Watu Dakon tidak berpengaruh terhadap kualitas air di Jembatan Perning Jembatan Perning Kloji tidak berpengaruh terhadap kualitas air di Tambangan Cangkir Sungai Marmoyo 4 dan Kali Asin berpengaruh terhadap kualitas air di Tambangan Cangkir serta Muara Kali Tengah berpengaruh terhadap kualitas air di Tambangan Bambe (pada periode II).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23327

Actions (login required)

View Item View Item