Analisis kemampuan dlam memahami simbol kimia, jenis-jenis reaksi kimia, dan persmaan ion bersih pada materi reaksi kimia siswa kelas XI IPA-1 MAN Malang I / Arifatul Mahsunah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan dlam memahami simbol kimia, jenis-jenis reaksi kimia, dan persmaan ion bersih pada materi reaksi kimia siswa kelas XI IPA-1 MAN Malang I / Arifatul Mahsunah

Mahsunah, Arifatul (2009) Analisis kemampuan dlam memahami simbol kimia, jenis-jenis reaksi kimia, dan persmaan ion bersih pada materi reaksi kimia siswa kelas XI IPA-1 MAN Malang I / Arifatul Mahsunah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia dapat dipresentasikan dalam tiga aspek pemahaman yang saling berkaitan yaitu aspek pemahaman makroskopik simbolik dan mikroskopik. Reaksi kimia merupakan pusat dari ilmu kimia dalam pembelajaran reaksi kimia harus mencakup aspek pemahaman makroskopik simbolik dan mikroskopik. Selama ini pembelajaran reaksi kimia di SMU cenderung menekankan pada aspek makroskopik dan simbolik saja. Akibatnya keterkaitan antara ketiga aspek pemahaman ini terputus dan siswa cenderung tidak mendapatkan pemahaman secara utuh pada aspek makroskopik mikroskopik dan simbolik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan siswa dalam memahami simbol-simbol kimia dalam persamaan reaksi yang berkaitan dengan gejala makroskopik (2) mengetahui kemampuan siswa mengidentifikasi jenisjenis reaksi kimia dalam larutan nonelektrolit (3) mengetahui kemampuan siswa mengidentifikasi jenis-jenis reaksi kimia dalam larutan elektrolit dan (4) mengetahui kemampuan siswa mengidentifikasi persamaan reaksi ion bersih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA-1 MAN Malang I semester genap 2007/2008 sebanyak 37 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes obyektif sebanyak 24 butir. Validitas isi tes sebesar 93% dan koefisien reliabilitas diukur dengan rumus KR-20 sebesar 0 88. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam memahami simbol yang berkaitan dengan gejala makroskopik dalam suatu reaksi kimia tergolong sedang. Kemampuan siswa paling baik adalah pada reaksi yang ditandai dengan terbentuknya endapan dan paling jelek adalah pada reaksi yang ditandai dengan terjadinya perubahan suhu (2) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis reaksi kimia dalam larutan nonelektrolit tergolong sangat tinggi. Kemampuan siswa paling baik adalah pada reaksi pembakaran dan paling jelek adalah pada reaksi kombinasi (3) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi jenis-jenis reaksi kimia dalam larutan elektrolit tergolong tinggi. Kemampuan siswa paling baik adalah pada reaksi pendesakan dan penetralan dan paling jelek adalah pada reaksi uraian berganda dan (4) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi persamaan ion bersih tergolong sedang. Kemampuan siswa paling baik adalah pada reaksi uraian berganda yang menghasilkan endapan dan paling jelek adalah pada reaksi penetralan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item