Pengembangan panduan pelatihan asertif untuk membantu mencegah tindakan bullying pada siswa SMK negeri 1 Dlanggu / Bima Jainul Arifin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan asertif untuk membantu mencegah tindakan bullying pada siswa SMK negeri 1 Dlanggu / Bima Jainul Arifin

Arifin, Bima Jainul (2017) Pengembangan panduan pelatihan asertif untuk membantu mencegah tindakan bullying pada siswa SMK negeri 1 Dlanggu / Bima Jainul Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arifin Bima Jainul. 2017. Pengembangan Panduan Pelatihan Asertif untuk Membantu Mencegah Tindakan Bullying pada Siswa SMK Negeri 1 Dlanggu. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Lutfi Fauzan M. Pd. (II) Dr. Henny Indreswari M. Pd. Kata Kunci pelatihan asertif bullying siswa SMK Bullying didefinisikan sebagai sebuah tindakan negatif berupa ancaman atau teror yang dilakukan berulang-ulang. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa sebagian siswa masih menjadi korban bullying oleh orang lain yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu peneliti mengembangkan panduan pembentukan perilaku asertif untuk membantu siswa mencegah tindakan bullying. Model penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari strategi pengembangan Brog Gall. Adapun prosedur pengembangan adalah 1) tahap I pengumpulan informasi 2) tahap II pengembangan produk awal 3) tahap III uji ahli bimbingan dan konseling uji ahli media 4) tahap IV revisi produk berdasarkan uji ahli bimbingan dan konseling uji ahli media 5) tahap V uji calon pengguna produk revisi berdasarkan hasil uji calon pengguna produk uji kelompok kecil revisi berdasarkan hasil uji kelompok kecil 6) tahap VI penyusunan produk akhir. Instrumen data dalam penelitian dan pengembangan ini berbentuk angket penilaian yang meliputi instrumen uji ahli materi media dan uji calon pengguna produk. Kriteria penilaian produk berdasarkan empat aspek penilaian yakni ketepatan kelayakan kepatutan dan kegunaan. Analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis skala penilaian ahli materi media dan pengguna produk. Sedangkan analisis kualitatif diperoleh dari penilaian secara tertulis pada bagian saran. Produk yang dihasilkan adalah Panduan Pelatihan Asertif untuk Membantu Mencegah Tindakan Bullying. Panduan konselor ini berisi 3 bagian yaitu bagian I pendahuluan bagian II prosedur pelatihan dan bagian III materi pelatihan. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli calon pengguna produk dan kelompok kecil di kelas X animasi 1 sebanyak lima siswa serta revisi yang telah dilaksanakan sesuai dengan aspek kegunaan aspek kelayakan aspek ketepatan dan aspek kepatutan dapat disimpulkan bahwa produk dapat berterima secara teoritis dan praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan buku panduan ini terdapat materi yang harus dikuasai oleh pengguna buku sehingga disarankan konselor sebagai pengguna produk untuk mempelajari buku panduan pelatihan asertif. Bagi peneliti selanjutnya karena pengembangan ini hanya sampai pada uji kelompok kecil maka hasil penelitian dan pengembangan ini dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan panduan pelatihan asertif untuk membantu mengatasi tindakan bullying pada siswa SMK Negeri 1 Dlanggu. ABSTRACT Arifin Bima Jainul. 2017. Developing Assertive Training Manual for Preventing Bullying Among Students of SMK Negeri 1 Dlanggu. Essay. Department of Guidance and Counseling. Faculty of Education. Malang State University. Advisors (I) Drs. H. Lutfi Fauzan M. Pd. (II) Dr. Henny Indreswari M. Pd. Keywords Assertive training bullying vocational students Bullying is defined as a negative action of repeated threats or terror. Based on the results of the interview is known that some students are still victims of bullying by others around him. Therefore researchers develop guidelines for the establishment of assertive behavior to help students prevent bullying. This research and development model is adapted from the Brog Gall development strategy. The development procedure is 1) stage I information gathering 2) stage II initial product development 3) stage III of the expert guidance and counseling test Test of media experts 4) stage IV product revision based on expert guidance and counseling test Test of media experts 5) stage V test of potential users of revision products based on test results of potential users of the product Small group testing Revision based on small group test results 6) stage VI preparation of the final product. Instrument data in research and development is in the form of an assessment questionnaire that includes expert material test instruments media and test potential users of the product. Product assessment criteria are based on four aspects of assessment namely accuracy feasibility appropriateness and usefulness. Data analysis used is quantitative and qualitative. Quantitative analysis techniques are used to analyze the scale of assessment of material experts media and product users. While qualitative analysis obtained from the assessment in writing at the suggestion. The resulting product is an Assertive Training Guide to Help Prevent Bullying Measures. The guidance of this counselor contains 3 sections namely part I of introduction part II of training procedure and part III of training materials. Based on the analysis of expert judgment data prospective users of products and small groups in class X animation 1 for five students and revisions that have been implemented in accordance with the aspects of usability feasibility aspects accuracy aspects and aspects of propriety it can be concluded that the product can be gratefully theoretically And practical. Based on the results of the research the development of this manual contains materials that should be mastered by the users of the book so it is advisable for counselors as product users to study assertive training manuals. For the next researcher because this development is only up to small group test the result of this research and development can be continued with experimental research to know the effectiveness of assertive training manual to help overcome the bullying action on students in SMK Negeri 1 Dlanggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item