Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sains kelas V pokok bahasan perubahan sifat benda di Sekolah Dasar Negeri 2 Doko Blitar / Arisa Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sains kelas V pokok bahasan perubahan sifat benda di Sekolah Dasar Negeri 2 Doko Blitar / Arisa Kurniawan

Kurniawan, Arisa (2011) Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sains kelas V pokok bahasan perubahan sifat benda di Sekolah Dasar Negeri 2 Doko Blitar / Arisa Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sains Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu bentuk media yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dalam penyampaian materi masih menggunakan media sederhana belum menggunakan media interaktif dalam proses pembelajaran meskipun di sana tersedia sarana belajar yang memadai banyaknya materi sains dan terbatasnya waktu yang digunakan dalam penyampaian materi membuat peserta didik merasa jenuh dalam proses pembelajaran jika hanya menggunakan media sederhana dalam penyampaianya. Oleh karena itu perlu adanya penyediaan sumber belajar yang berupa multimedia yang didesain dalam bentuk pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran interaktif dalam pembelajaran sains di SDN Doko 2 Blitar kelas V pokok bahasan perubahan sifat benda yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah peserta didik SD Negeri Doko 2 Blitar kelas V. jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif data kualitatif diperoleh dari validasi ahli media ahli materi dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Media pembelajaran interaktif ini divalidasikan oleh ahli materi sebanyak 2 orang ahli media sebanyak 1 orang dan peserta didik sebanyak 16 orang. Setelah dianalisis media pembelajaran interaktif ini dinyatakan valid dengan hasil perhitungan ahli media 90% ahli materi 92 5% dan siswa individual 90% serta siswa kelompok besar 85 6%. Keefektifitasan media dapat dilihat dari perbandingan hasil belajar peserta didik secara keseluruhan data peserta didik diperoleh peningkatan sebesar 16 poin hal ini menunjukkan media pembelajaran interaktif cukup dapat memberikan efek positif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik secara menyeluruh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran interaktif sangat efektif digunakan dalam pembelajaran peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bagi pihak sekolah hendaknya dapat lebih meningkatkan lagi pengadaan sarana pembelajaran interaktif menggunakan media ini karena telah terbukti efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik serta membentuk sikap dan perilaku belajar peserta didik dalam rangka situasi belajar yang kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item