Keefektifan teknik focus group discussion untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih studi lanjut siswa SMA Negeri 3 Blitar / Febrianto Adi Ernawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik focus group discussion untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih studi lanjut siswa SMA Negeri 3 Blitar / Febrianto Adi Ernawan

Ernawan, Febrianto Adi (2017) Keefektifan teknik focus group discussion untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih studi lanjut siswa SMA Negeri 3 Blitar / Febrianto Adi Ernawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ernawan Febrianto Adi. 2017.Keefektifan Teknik Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Ketrampilan Pengambilan Keputusan Memilih Studi Lanjut Bagi Siswa Di SMA Negeri 3 Blitar. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Carolina L. Radjah M. Kes. (2) Dr. H. M. Ramli M.A Kata Kunci focus group discussion keterampilan pengambilan keputusan siswa SMA. Pengambilan keputusan merupakan pemilihan alternatif perilaku (kelakuan) tertentu dari dua atau lebih alternatif yang ada. Banyak siswa yang bingung dalam keterampilan pengambilan keputusan memilih studi lanjut. Ada beberapa fenomena yang dapat dilihat mereka dihadapkan pada tingginya persaingan masuk perguruan tinggi favorit dan adanya keraguan dalam keterampilan pengambilan keputusan dalam menentukan pilihan yang tidak sesuai dengan cita-citanya yang disebabkan karena studi lanjut yang dipilih terlalu banyak peminatnya dan biaya juga sangat mahal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan cara memberikan diskusi kelompok dengan berfokus pada siswa kelas XI dalam pengambilan keputusan memilih studi lanjut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan teknik focus group discussion (FGD) dalam meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih studi lanjut bagi siswa di SMA Negeri 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen dengan bentuk pre exsperimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Blitar yang memiliki tingkat keterampilan sedang terdiri dari delapan siswa. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling bertujuan (purposive sampling). Instrumen penelitian yang digunakan berupa skala keterampilan pengambilan keputusan yang yang sudah melewati uji validitas sebanyak 51 butir dinyatakan valid dan yang gugur sebanyak 44 butir dan uji reliabilitas sebesar 0 966. Analisis data dilakukan melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test dengan menggunakan bantuan program software SPSS versi 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik focus group discussion efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih studi lanjut bagi siswa SMA Negeri XI Blitar. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan skor post-test keterampilan pengambilan keputusandan hasil uji Wilcoxon yang menyatakan nilai Z 2 524bserta nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.012

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2329

Actions (login required)

View Item View Item