Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual SMA/MA kelas XII pada materi pokok senyawa karbon turunan alkana dan benzena dan turunannya / Nuril Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual SMA/MA kelas XII pada materi pokok senyawa karbon turunan alkana dan benzena dan turunannya / Nuril Maghfiroh

Maghfiroh, Nuril (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual SMA/MA kelas XII pada materi pokok senyawa karbon turunan alkana dan benzena dan turunannya / Nuril Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu faktor yang sangat strategis dan substansial dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) suatu bangsa adalah pendidikan. Sebagai perwujudannya saat ini mulai diterapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) melalui Kurikulum 2006 (KTSP) dilakukan penyempurnaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan termasuk ilmu kimia sebagai cabang dari sains. Sebagian ilmu kimia bersifat abstrak sehingga siswa cenderung mengalami kesulitan dalam memahami dan mengkonstruk struktur pengetahuan dengan tepat. Oleh karena itu diperlukan suatu konsep pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam membangun pengetahuan mereka sendiri baik yang berasal dari pengalaman (experience) ataupun dari transfer pengetahuan (transferring of knowledge). Salah satu solusinya melalui pembelajaran berbasis konstruktivistik yang bertujuan agar siswa dapat membangun konsep sendiri dan pembelajaran kontekstual yang bertujuan agar siswa dapat menghubungkan pengetahuannya tersebut dengan kehidupan nyata yang mereka alami. Oleh karena itu diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang lebih operasional. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual serta mengetahui kesesuaian atau kelayakan perangkat pembelajaran tersebut untuk digunakan dalam pembelajaran kimia khususnya SMA/MA Kelas XII Semester 2. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini diawali dengan survei kondisi lapangan kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Langkah selanjutnya dilakukan validasi. Langkah-langkah model pengembangan Dick dan Carey yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis materi pelajaran mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa menuliskan pengalaman belajar mengembangkan item tes berbasis kriteria pemilihan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran melaksanakan evaluasi formatif (validasi) melakukan revisi dan memproduksi perangkat pembelajaran. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran terdiri atas dua bagian bagian pertama merupakan panduan guru (Teacher s Guide) yang berisi silabus dan sistem penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) instrumen penilaian dan buku guru. Sedangkan bagian kedua adalah buku siswa (Student s Book) yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Berdasarkan hasil validasi dari empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 85 34% dengan kriteria valid/baik/layak. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah untuk mengetahui keefektifannya dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23286

Actions (login required)

View Item View Item