Implementasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler recycling sampah di Madrasah Aliyah Nurul Huda Badean Banyuwangi / Qoirullia - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler recycling sampah di Madrasah Aliyah Nurul Huda Badean Banyuwangi / Qoirullia

Qoirullia (2021) Implementasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler recycling sampah di Madrasah Aliyah Nurul Huda Badean Banyuwangi / Qoirullia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Qoirullia. 2021. Implementasi Nilai-nilai Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Recycling Sampah di Madrasah Aliyah Nurul Huda Badean Banyuwangi. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Ahmad Yusuf Sobri S.Sos M.Pd (2) Ahmad Nurabadi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Nilai karakter ekstrakurikuler recycling sampah Pada setiap jenjang pendidikan terdapat kegiatan pengembangan diri atau ekstrakurikuler yang menjadi salah satu media yang potensial untuk pembinaan karakter dan peningkatan mutu akademik peserta didik. Madrasah Aliyah Nurul Huda Badean Banyuwangi merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berupaya melaksanakan pembinaan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikulernya yaitu ekstrakurikuler recycling sampah. Di wilayah Badean ini termasuk penghasil sampah yang cukup tinggi karena terdapat banyak industri di lingkungannya. Adanya pelatihan dan kegiatan recycling sampah dalam ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Nurul Huda Badean Banyuwangi menjadi salah satu langkah cerdas dalam mengudakasi masyarakat mengenai sampah. Selain itu dengan adanya ekstrakurikuler ini juga dapat membina karakter peserta didik serta mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial serta potensi dan prestasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya implementasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler recycling sampah dan mendeskripsikan faktor pendukung faktor penghambat serta solusinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data display data verifikasi data. Wawancara dilakukan dengan pembina ekstrakurikuler recycling sampah dan observasi dilaksanakan peneliti dengan langsung datang ke Madrasah Aliyah Nurul Huda Badean Banyuwangi. Peneliti menjaga keabsahaan data dengan menggunakan teknik triangulasi (sumber dan metode/teknik) peningkatan ketekunan dalam penelitian menggunakan bahan referensi dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi nilai karakter peserta didik melalui kegiatan ektrakurikuler recycling sampah di Madrasah Aliyah Nurul Huda Badean Banyuwangi dilakukan dengan cara mengelola sampah organik dan sampah anorganik menjadi barang dan bahan yang mempunyai daya guna serta nilai jual. Proses yang dilakukan untuk pengelolaan sampah pada kegiatan ekstrakurikuler recycling sampah ini antara lain (1) peserta didik mengumpulkan sampah dari rumah atau lingkungan sekitar kemudian di bawa ke sekolah (2) sampah dimasukkan ke dalam bank sampah sekolah (3) sampah dipilah berdasarkan jenisnya yaitu sampah organik atau sampah anorganik (4) melakukan recycle sampah (daur ulang) sesuai dengan jenisnya dan (5) proses penjualan hasil recycling sampah. Hasil penelitian juga menunjukkan macam-macam nilai karakter yang dapat di implementasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler ini antara lain kerja keras kreatif toleransi jujur mandiri rasa ingin tahu menghargai prestasi bersahabat/komunikatif cinta damai peduli lingkungan peduli sosial dan tanggung jawab. Faktor pendukung dalam implementasi nilai karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler recycling sampah yaitu kesadaran dari setiap individu peserta didik sarana dan prasarana yang memfasilitasi kegiatan tersebut serta adanya program sekolah bayar sampah dan kopi bayar sampah. Untuk faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini adalah adanya beberapa masyarakat yang memprovokasi peserta didik supaya tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini. Solusi alternatif yang diberikan sekolah untuk mengatasi hambatan tersebut yakni dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan peserta didik memberikan bukti dan hasil yang positif dari kegiatan recycling sampah serta didirikannya bank sampah di lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/232856

Actions (login required)

View Item View Item