Sintesis neril asetat dari nerol dan anhidrida asetat serta uji aktivitasnya sebagai sunscreen / Muhtarotur Rofidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis neril asetat dari nerol dan anhidrida asetat serta uji aktivitasnya sebagai sunscreen / Muhtarotur Rofidah

Muhtarotur Rofidah (2009) Sintesis neril asetat dari nerol dan anhidrida asetat serta uji aktivitasnya sebagai sunscreen / Muhtarotur Rofidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sintesis merupakan reaksi pembentukan senyawa atau molekul target. Esterifikasi merupakan reaksi pembentukan ester yang dapat dilakukan dengan cara mereaksikan asam karboksilat atau turunannya dengan alkohol. Nerol adalah senyawa alkohol yang mempunyai ikatan rangkap dan pasangan elektron bebas. Selain itu nerol mempunyai bau yang harum sehingga timbul pemikiran untuk memperluas kegunaannya dengan cara membuat turunannya misalnya neril asetat. Neril asetat adalah senyawa ester yang mempunyai rantai alkil yang panjang. Secara teori neril asetat dapat disintesis dari nerol dan anhidrida asetat melalui reaksi esterifikasi. Sunscreen adalah suatu senyawa yang dapat menyerap radiasi sinar UV. Pada umumnya senyawa yang dapat menyerap radiasi sinar UV adalah senyawa yang mempunyai ikatan rangkap dan pasangan elektron bebas. Dilihat dari strukturnya neril asetat merupakan senyawa ester yang mempunyai ikatan rangkap dan pasangan elektron bebas sehingga neril asetat diduga mempunyai aktivitas sebagai sunscreen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui berlangsung tidaknya reaksi esterifikasi antara nerol dan anhidrida asetat membentuk neril asetat (2) mengetahui karakter senyawa hasil sintesis dan (3) mengetahui kemampuan senyawa hasil sintesis sebagai sunscreen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental laboratoris yang dilakukan di laboratorium kimia FMIPA UM. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) sintesis neril asetat dari nerol dan anhidrida asetat dengan katalis asam klorida pekat serta pemurnian senyawa hasil sintesis (2) karakterisasi dan identifikasi senyawa hasil sintesis dan (3) uji aktivitas senyawa hasil sintesis sebagai sunscreen. Sintesis neril asetat dilakukan dengan mengaduk campuran nerol anhidrida asetat dan asam korida pekat. Hasil sintesis kemudian dicuci dengan air dan selanjutnya dikeringkan dengan menambah magnesium sulfat anhidrat. Senyawa hasil sintesis dimurnikan dengan kromatografi kolom dan selanjutnya dikarakterisasi berdasarkan uji organoleptik berat jenis indeks bias titik didih dan kelarutan. Identifikasi senyawa hasil sintesis dilakukan dengan KLT spektrofotometer UV spektrofotometer IR dan analisis GC-MS. Uji aktivitasnya sebagai sunscreen dilakukan dengan metode spektrofotometri UV. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa reaksi esterifikasi antara nerol dan anhidrida asetat dapat berlangsung pada suhu kamar dan menghasilkan neril asetat dengan rendemen 40 64% dan kemurnian 91 96%. Neril asetat hasil sintesis berwujud cairan berwarna kuning jernih berbau harum mempunyai berat jenis 0 896 g/mL indeks bias 1 45956 pada suhu 20 C titik didih 222-223 C pada 735 mmHg larut dalam etanol 2-propanol kloroform n-heksana tetapi tidak larut dalam air. Neril asetat hasil sintesis tidak menunjukkan aktivitas sebagai sunscreen baik sebagai suntan maupun sunblock.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23266

Actions (login required)

View Item View Item