Sintesis dan karakterisasi sabun aluminium dari minyak sawit dan aluminium sulfat / Nuriami - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi sabun aluminium dari minyak sawit dan aluminium sulfat / Nuriami

Nuriami (2009) Sintesis dan karakterisasi sabun aluminium dari minyak sawit dan aluminium sulfat / Nuriami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sabun dibuat dengan cara mereaksikan asam lemak dengan larutan alkali yang disebut dengan reaksi saponifikasi. Seiring perkembangan jaman mulai dikenal sabun dari logam aluminium dimana pembuatannya melalui reaksi trans-saponifikasi yaitu pengubahan dari sabun natrium/kalium menjadi sabun aluminium yang valensinya lebih tinggi. Penelitian trans-saponifikasi telah banyak dilakukan untuk mensintesis dan mengetahui manfaat sabun aluminium sebagai pengental minyak pelumas. Penelitian sebelumnya berusaha untuk mensintesis sabun aluminium dari minyak sawit sebagai sumber asam lemak dan aluminium sulfat sebagai sumber aluminium tetapi belum berhasil. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui apakah sabun aluminium dapat disintesis dari minyak sawit dan aluminium sulfat (2) mengetahui karakter sabun aluminium yang dihasilkan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kimia UM laboratorium Kimia Organik Universitas Brawijaya dan Laboratorium Kualitas Air Perum Jasa Tirta I yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1) sintesis sabun natrium dari minyak sawit berpedoman pada reaksi saponifikasi (2) sintesis sabun aluminium dari sabun natrium menggunakan aluminium sulfat yang berpedoman pada reaksi trans-saponifikasi (3) karakterisasi senyawa hasil sintesis yang meliputi penentuan titik lebur kelarutan analisis kualitatif ion aluminium dan sulfat penentuan bilangan iod analisis kuantitatif logam natrium dan aluminium dengan spektrofotometer serapan atom (Atomic Absorption Spectrophotometer AAS) dan (4) identifikasi gugus fungsi menggunakan spektrofotometri inframerah (IR). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sabun aluminium yang diperoleh berupa serbuk putih dengan titik lebur 104oC-194oC tidak larut dalam air etanol metanol larut sebagian dalam eter larut dalam kloroform dan benzena membentuk larutan kental. Saran dari penelitian ini adalah dilakukan penelitian tentang manfaat sabun yang dihasilkan sebagai pengental minyak pelumas dan penggunaan minyak sawit curah sebagai sumber asam lemaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23252

Actions (login required)

View Item View Item