Metilasi CNSL (Cashew Nut Shell Liquid) dengan dimetil sulfat dan KOH dalam metanol / Widi Astuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Metilasi CNSL (Cashew Nut Shell Liquid) dengan dimetil sulfat dan KOH dalam metanol / Widi Astuti

Widi Astuti (2009) Metilasi CNSL (Cashew Nut Shell Liquid) dengan dimetil sulfat dan KOH dalam metanol / Widi Astuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tanaman jambu mete adalah suatu tanaman yang termasuk dalam spesies Anacardium occidentale L. Produk tanaman mete adalah buah dan biji mete. Dalam setiap satu butir biji mete rata-rata terdiri dari 70% (berat) kulit biji dan 30% (berat) daging biji. Kulit biji mete mengandung minyak yang disebut Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) dengan jumlah cukup besar yaitu 32 %. CNSL berwarna coklat kehitaman kental dan bersifat korosif yang dapat melepuhkan tangan sehingga tidak dapat digunakan sebagai bahan pangan. Kandungan utama minyak kulit biji mete (CNSL) adalah 70% asam anakardat 18% kardol serta 5% kardanol dan 2-metilkardol. Keempat senyawa tersebut mempunyai gugus hidroksil fenolik dan mempunyai gugus alkil (jenuh tidak jenuh). Khusus untuk asam anakardat selain mempunyai gugus tersebut juga mempunyai gugus karboksil pada lingkar aromatiknya. Sifat asam anakardat yang toksik terhadap sel kanker (sitotoksisitas) berkaitan dengan kepolarannya. Semakin nonpolar suatu senyawa maka semakin toksik senyawa tersebut (Korolkovos 1970). Hal ini berarti bahwa bila suatu senyawa semakin bersifat nonpolar maka kemampuannya dalam menghambat tumbuhnya sel kanker semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah CNSL dapat dimetilasi dengan dimetil sulfat dan KOH dalam metanol serta untuk mengetahui senyawa yang dihasilkan dari reaksi tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental yaitu mereaksikan CNSL dengan dimetil sulfat dan KOH dalam metanol. Analisis hasil reaksi dilakukan dengan kromatografi lapis tipis (KLT) sedang pemisahan senyawa-senyawa hasil reaksi dilakukan dengan kromatografi kolom. Untuk identifikasi struktur senyawa dilakukan dengan spektrofotometri IR dan 1H-NMR. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa CNSL dapat dimetilasi dengan menggunakan dimetil sulfat dan KOH dalam metanol. Pemisahan senyawa hasil metilasi menghasilkan senyawa dengan Rf 0 913. Studi spektroskopi menunjukkan bahwa senyawa ini adalah ester metil anakardat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai sifat-sifat kimia dan fisika senyawa hasil metilasi CNSL serta melakukan analisis spektroskopi lain untuk memperoleh data yang lebih meyakinkan dalam menentukan struktur senyawa hasil sintesis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23238

Actions (login required)

View Item View Item