Implementasi modul bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari berbasis learning cycle pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk / Eka Nurliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi modul bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari berbasis learning cycle pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk / Eka Nurliana

Eka Nurliana (2009) Implementasi modul bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari berbasis learning cycle pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk / Eka Nurliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu karakteristik pembelajaran berdasarkan kurikulum 2004 adalah menggunakan modul sebagai perangkat pembelajaran. Telah dikembangkan modul pembelajaran Bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dengan model daur belajar (learning cycle) oleh Susilowati (2004) yang telah divalidasi isi tetapi belum pernah diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu pada penelitian ini diimplementasikan modul yang telah disusun tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul di kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk dengan materi pokok bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah belajar kimia menggunakan modul (3) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan modul dalam proses pembelajaran sains kimia (4) mendeskripsikan validasi empirik modul yang digunakan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Nganjuk yang berjumlah 7 kelas sebanyak 280 siswa. Dalam penelitian ini diambil kelas VII-6 yang terdiri dari 40 orang sebagai kelas eksperimen. Sedangkan kelas VII-7 yang terdiri dari 40 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan modul sedangkan kelas kontrol diajar tanpa menggunakan modul. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui keaktifan siswa selama proses pembelajaran pemberian postes untuk mengukur hasil belajar sains kimia dan angket untuk data persepsi siswa. Analisis data terdiri dari uji-t satu pihak dengan signifikansi 945 0 05 dan teknik persentase yang kemudian dikualifikasikan. Keterlaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP dan pembelajaran dengan menggunakan modul membuat siswa cenderung lebih aktif ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang bertanya menjawab dan menanggapi jawaban siswa lain selama proses pembelajaran. Hasil penelitian dari uji analisis data diperoleh thitung(2 185) ttabel(1 665) sehingga siswa yang diajar dengan menggunakan modul hasil belajarnya lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan modul. Persepsi siswa terhadap modul yang digunakan secara umum adalah positif. Validasi empirik didasarkan pada keterlaksanaan pembelajaran sudah sesuai dengan RPP dan pembelajaran dengan menggunakan modul membuat siswa cenderung aktif hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modul lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan modul persepsi siswa terhadap modul yang digunakan adalah positif sehingga modul materi pokok bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari berbasis LC layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23219

Actions (login required)

View Item View Item