Implementasi modul unsur, senyawa, dan campuran berbasis learning cycle di kelas VIII SMP Negeri 1 Singgahan / Ike Sherlia Rengilehitan - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi modul unsur, senyawa, dan campuran berbasis learning cycle di kelas VIII SMP Negeri 1 Singgahan / Ike Sherlia Rengilehitan

Ike Sherlia Rengilehitan (2009) Implementasi modul unsur, senyawa, dan campuran berbasis learning cycle di kelas VIII SMP Negeri 1 Singgahan / Ike Sherlia Rengilehitan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu karakteristik pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2004 adalah menggunakan modul sebagai media pembelajaran karena berpusat pada siswa. Telah dikembangkan modul pembelajaran Unsur Senyawa dan Campuran dengan model learning cycle oleh Ulfah (2005) yang telah divalidasi isi tetapi belum pernah diterapkan dalam pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu penelitian ini mencoba untuk mengimplementasikan modul tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan modul (2) mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh setelah belajar menggunakan modul (3) mendeskripsikan persepsi siswa terhadap modul yang digunakan dalam proses pembelajaran dan (4) mendeskripsikan validasi empirik modul yang digunakan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan eksperimental semu (Quasy Experimental). Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 1 Singgahan Tuban tahun pelajaran 2006/2007. Instrumen yang digunakan adalah RPP lembar observasi tes hasil belajar dan angket. RPP digunakan untuk melihat skenario pembelajaran di kelas lembar observasi digunakan untuk melihat keaktifan siswa selama proses pembelajaran tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar dengan modul dan angket digunakan untuk melihat respon siswa terhadap modul yang digunakan dalam proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan uji t pada 0 05 dan teknik persentase. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul membuat siswa cenderung lebih aktif. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya jumlah siswa yang aktif dalam tiap-tiap pertemuan. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 75 30 dan kelas kontrol sebesar 64 04. Persepsi siswa terhadap modul yang digunakan secara umum adalah sangat positif. Dari 32 item pertanyaan pada angket sebanyak 10 item persepsi siswa menyatakan positif dan 22 item menyatakan sangat positif. Validasi empirik modul menunjukkan bahwa modul efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23216

Actions (login required)

View Item View Item