Sintesis neril asetat dari nerol dengan asetil klorida dan uji aktivitasnya sebagai sunscreen / Meka Darmayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis neril asetat dari nerol dengan asetil klorida dan uji aktivitasnya sebagai sunscreen / Meka Darmayanti

Meka Darmayanti (2009) Sintesis neril asetat dari nerol dengan asetil klorida dan uji aktivitasnya sebagai sunscreen / Meka Darmayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sintesis merupakan reaksi pembentukan senyawa atau molekul target. Ester merupakan senyawa yang dapat disintesis secara sederhana dengan cara mereaksikan alkohol dan asam karboksilat atau turunannya seperti klorida asam atau anhidrida asam. Nerol mempunyai ikatan rangkap dan pasangan elektron bebas sehingga timbul pemikiran untuk memperluas kegunaannya dengan membuat turunan nerol misalnya neril asetat. Neril asetat sebagai ester diduga memiliki bau yang lebih harum dari pada nerol. Selain itu keberadaan neril asetat belum banyak dipublikasikan di masyarakat umum sehingga dapat menambah keanekaragaman senyawa organik dari turunan nerol. Melihat potensi neril asetat yang besar sedangkan isolasi neril asetat dari tumbuhan kurang ekonomis (karena kadar neril asetat sangat kecil) maka diperlukan metode sintesis yang efektif dan efisien untuk memperoleh neril asetat. Neril asetat memiliki ikatan rangkap dan pasangan elektron bebas yang terkonjugasi dengan ikatan rangkap sehingga memungkinkan untuk diuji aktivitasnya sebagai sunscreen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui berlangsung tidaknya reaksi esterifikasi antara nerol dengan asetil klorida (2) mengetahui karakter senyawa hasil sintesis dan (3) megetahui aktivitas senyawa hasil sintesis sebagai sunscreen. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu (1) sintesis neril asetat dari nerol dan asetil klorida serta pemurnian senyawa hasil sintesis (2) karakterisasi dan identifikasi senyawa hasil sintesis dan (3) uji aktivitas senyawa hasil sintesis sebagai sunscreen. Sintesis neril asetat dilakukan dengan merefluks campuran antara nerol dan asetil klorida. Hasil refluks kemudian dicuci dengan air selanjutnya dikeringkan dengan magnesium sulfat anhidrat. Senyawa hasil sintesis dimurnikan dengan kromatografi kolom kemudian dikarakterisasi berdasarkan indeks bias berat jenis titik didih dan kelarutan. Identifikasi senyawa hasil sintesis dilakukan dengan KLT spektrofotometer IR dan GC-MS. Uji aktivitas senyawa hasil sintesis sebagai sunscreen dilakukan secara spektrofotometri UV. Reaksi esterifikasi antara nerol dan asetil korida dapat berlangsung dan menghasilkan neril asetat dengan rendemen 40 67% dan kemurnian 94 72%. Neril asetat hasil sintesis berwujud cairan berwarna kuning berbau harum mempunyai indeks bias 1 4588 pada suhu 20 C berat jenis 0 8988 g/mL titik didih 223 C pada 735 mmHg larut dalam etanol 2-propanol kloroform n-heksana tetapi tidak larut dalam air. Neril asetat hasil sintesis tidak menunjukkan aktivitas sebagai sunscreen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23210

Actions (login required)

View Item View Item