Keektifan penggunaan media film untuk meningkatkan sikap proaktif siswa sekolah menegah pertama / Margaretha Dea Innecensia - Repositori Universitas Negeri Malang

Keektifan penggunaan media film untuk meningkatkan sikap proaktif siswa sekolah menegah pertama / Margaretha Dea Innecensia

Innecensia, Margaretha Dea (2017) Keektifan penggunaan media film untuk meningkatkan sikap proaktif siswa sekolah menegah pertama / Margaretha Dea Innecensia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Innecensia Margaretha Dea. 2017. Keefektifan Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Sikap Proaktif Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd (II) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata kunci penggunaan media film sikap proaktif siswa SMP Salah satu sikap yang perlu dimiliki oleh siswa dalam menghadapi perkembangan zaman yang begitu pesat ini adalah sikap proaktif. Konselor perlu memberi perhatian khusus terhadap kebutuhan siswa akan pengembangan sikap proaktif dalam kehidupan sehari-hari khususnya di lingkup sekolah. Jika sikap proaktif tersebut dapat dibina sejak dini maka siswa akan memiliki kebiasaan sikap positif tersebut. Selain itu siswa menjadi pribadi yang tidak hanya bisa berkembang optimal sesuai potensi yang ada tetapi juga bisa mandiri dan bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Oleh karena itu perlu adanya upaya layanan bimbingan dan pemilihan media yang tepat. Penggunaan media film dipilih karena menyesuaikan karakter belajar remaja yang cenderung audio visual. Sehubungan dengan hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film untuk meningkatkan sikap proaktif siswa SMP. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan desain penelitian menggunakan desain eksperimen semu dengan menggunakan rancangan one group pre-test post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan orang siswa yang mempunyai tingkat sikap proaktif terendah dalam satu kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala psikologis sikap proaktif pedoman eksperimen serta pedoman observasi. Analisis uji beda dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian dengan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai beda (z) adalah -2.524 dengan taraf signifikansi 0 012. Nilai signifikansi lebih kecil dari 0 05 yang artinya H_O ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film efektif untuk meningkatkan sikap proaktif siswa SMP. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang diperoleh dalam penelitian ini disarankan bagi konselor sekolah bahwa penggunaan media film dapat diaplikasikan di sekolah untuk meningkatkan sikap proaktif siswa SMP. Konselor dapat memakai empat film yang sudah dipilih dan didesain khusus oleh peneliti yaitu film yang berjudul The Hormones How To Train Your Dragon Mimpi Sejuta Dollar dan The Billionare . Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengadakan penelitian serupa dengan desain true eksperiment. Saran bagi akademisi Bimbingan dan Konseling memanfaatkan media film untuk mengembangkan sikap-sikap positif yang lain. 8195 ABSTRACT Innecensia Margaretha Dea. 2017. The Effectiveness of Using Film Media to Improve Proactive Attitudes Of Junior High School Students. Thesis Guidance and Counseling Department Faculty of Education State University of Malang. Advisors (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd (II) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd. Keywords using film media proactive attitude junior high school students One of the attitudes that students need to possess in facing this rapid development era is proactive attitude. Counselors need to pay particular attention to the student s need for the development of proactive attitudes in everyday life especially in the school environment. If the proactive attitude is nurtured early on the students will have a habit of positive attitude. In addition students become a person who not only improved optimally in their own potential that exist but they can also be an independent and responsible person for themselves. Therefore it is necessary to do guidance service and proper media selection. The use of film media is chosen in order to adjust the adolescents learning style inclining to audio-visual. Regarding this statement this study aimed to know the effectiveness of film media to improve the junior high school students proactive attitude. To achieve the above objectives the study design used was a quasi-experimental design in which the researcher used one group pre-test post-test design. The subjects of this study were eight students who had the lowest level of proactive attitudes in one class. The research instrument used was psychological scale of proactive attitude experimental guidance and observation guideline. Different test analysis in this study was the Wilcoxon test. The results using the Wilcoxon test showed that the difference (z) was -2524 with significance level of 0.012. The significance value was less than 0.05 which means rejected. Thus it can be concluded that the use of film media is effective to improve the junior high school students proactive attitude. Based on the result and discussion obtained in this study it is recommended for school counselors that the use of film media can be applied in schools to improve the junior high school students proactive attitude. Counselors may use four films that have been selected by the researcher namely The Hormones How to Train Your Dragon Mimpi Sejuta Dolar and The Billionaire . For further researcher conduct a similar study by using true experiment design. For Guidance and counseling Academics utilize film media to develop other positive attitudes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2320

Actions (login required)

View Item View Item