Pengembangan media VCD pembelajaran bahasa inggris materi conversation untuk siswa kelas VIII semester 2 di Sekolah Menengah Pertama 01 Gondanglegi Malang / Aris Triwahyu Febriansah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media VCD pembelajaran bahasa inggris materi conversation untuk siswa kelas VIII semester 2 di Sekolah Menengah Pertama 01 Gondanglegi Malang / Aris Triwahyu Febriansah

Febriansah, Aris Triwahyu (2011) Pengembangan media VCD pembelajaran bahasa inggris materi conversation untuk siswa kelas VIII semester 2 di Sekolah Menengah Pertama 01 Gondanglegi Malang / Aris Triwahyu Febriansah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan VCD Pembelajaran Conversation Bahasa Inggris SMP Kelas VIII. Bahasa inggris sebagai bahasa asing yang sudah diajarkan di Indonesia memerlukan strategi pemilihan media pembelajaran yang tepat serta menarik agar siswa merasa tertarik untuk mempelajari bahasa inggris. Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) 01 Gondanglegi Malang proses pembelajaran bahasa inggris sudah menggunakan media laboratorium bahasa sebagai sarana pembelajaran. Kendala yang utama dalam pembelajaran Bahasa Inggris guru mengalami kesulitan untuk menyampaikan materi yang berkaitan dengan pembelajaran conversation para murid merasa kesulitan dalam hal penguasaan kosakata dan berbicara aktif bahasa inggris. Pemanfaatan laboratorium juga dianggap minim karena kurangnya bahan dan media yang mendukung (wawancara dengan Bapak Eddy Rahardjo Kepala SMPN 01 Gondanglegi Malang). Kompetensi yang menjadi permasalahan selama ini yaitu kompetensi berbicara hal ini dikarenakan kurangnya contoh percakapan yang menyebabkan siswa kurang mampu berbicara aktif dalam bahasa inggris. Untuk menampilkan contoh percakapan memerlukan media yang mampu menampilkan audio visual sehingga siswa juga mampu melatih pronouncation gesture tubuh grammar dan intonasi melalui contoh yang mereka lihat. Melihat hal ini penulis memberikan alternatif pemecahan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran Bahasa Inggris materi Conversation menggunakan media VCD. Tujuan dari pengembangan media VCD Pembelajaran ini adalah menghasilkan media VCD pembelajaran Bahasa Inggris yang dapat digunakan oleh guru dan siswa kelas VIII sebagai pembelajaran di kelas. Sehingga siswa mampu melakukan conversation setelah menerima materi melalui media VCD pembelajaran dan diharapkan dapat memecahkan masalah pembelajaran terkait dengan kesulitan guru dalam menyampaikan materi Conversation. Pengembangan media VCD Pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Sadiman. Model pengembangan Sadiman terdiri dari Sembilan langkah yaitu (1) identifikasi kebutuhan (2) perumusan tujuan (3) perumusan butir-butir materi (4) perumusan alat pengukur keberhasilan (5) penulisan naskah media (6) produksi (7) validasi yang terdiri dari validasi ahli media ahli materi dan audiens (8) revisi dan (9) media siap digunakan. Hasil pengembangan media VCD pembelajaran Conversation Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas VIII Semester 2 di Sekolah Menengah Pertama 01 Gondanglegi Malang ini menggunakan data dari validasi ahli media ahli materi dan audiens. Berdasarkan data dari validasi diperoleh hasil sebagai berikut (a) ahli media menyatakan media ini valid dengan total persentase 95 8% (b) ahli materi menyatakan media ini valid dengan total persentase 86 1% (c) pada ujicoba perseorangan dinyatakan media ini valid dengan total persentase 85% (d) pada ujicoba kelompok kecil dinyatakan media ini valid dengan total persentase 85 5% (e) pada ujicoba lapangan dinyatakan media ini valid dengan total persentase 88%. Untuk hasil belajar siswa sebelum menggunakan media(pre test) dan sesudah menggunakan media (post test) dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa adalah 52 18%. Sedangkan untuk tes lisan pada tes I diperoleh data dengan kriteria baik sekali sebanyak 16 siswa untuk kriteria baik sebanyak 9 siswa dan kriteria cukup sebanyak 7 siswa. Pada tes II diperoleh data dengan kriteria baik sekali sebanyak 16 siswa untuk kriteria baik sebanyak 10 siswa dan kriteria cukup sebanyak 6 siswa. Pada tes III diperoleh data dengan kriteria baik sekali sebanyak 9 siswa untuk kriteria baik sebanyak 17 siswa dan kriteria cukup sebanyak 6 siswa. Berdasarkan hasil dari validasi dapat disimpulkan bahwa media VCD Pembelajaran Conversation ini valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris untuk kelas VIII semester 2. Produk pengembangan ini dapat digunakan guru Bahasa Inggris Kelas VIII dalam memberikan materi (1)menanyakan menerima dan menolak opini dan informasi. (2) meminta memberi dan menolak bantuan. (3) Percakapan melalui telepon. (4)memulai memperpanjang dan mengakhiri percakapan. Peran guru juga dibutuhkan untuk menjelaskan lebih lengkap tentang materi diatas agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan bisa tercapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item