Penentuan pH optimum (Printed Circuit Board) secara elektrolisis / oleh Perwida Jayanthi - Repositori Universitas Negeri Malang

Penentuan pH optimum (Printed Circuit Board) secara elektrolisis / oleh Perwida Jayanthi

Perwida Jayanthi (2009) Penentuan pH optimum (Printed Circuit Board) secara elektrolisis / oleh Perwida Jayanthi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Printed Circuit Board (PCB) adalah sebuah papan rangkaian tercetak yang terbuat dari bahan ebonit atau fiber glass dimana salah satu sisi permukaannya dilapisi dengan lapisan tembaga tipis (cuprum). Lapisan tembaga berguna untuk jalur penghubung arus listrik antar komponen pada rangakaian elektronik. Salah satu proses pembuatan PCB adalah proses penghilangan lapisan tembaga yang tidak tertutup tinta hasil penggambaran dari permukaan PCB. Proses ini disebut dengan proses pelarutan PCB atau lebih dikenal dengan (etching). Limbah hasil pelarutan (etching) yang merupakan limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang harus dikelola dengan baik sebelum dibuang ke lingkungan. Selain bersifat korosif karena pH nya rendah (0 76) juga mengandung senyawa logam berat terutama tembaga. Umumnya limbah yang bersifat asam diolah dengan cara penetralan. Sementara kandungan logam beratnya dapat direduksi atau bahkan dihilangkan dengan cara pengendapan melalui penambahan soda atau kapur. Pengolahan limbah pelarutan PCB (etching) dengan cara pengendapan ini baru bersifat memindahkan masalah belum sepenuhnya menyelesaikan masalah sehingga perlu diupayakan metode pengolahan lain yang lebih baik ditinjau dari segi operasional dan segi pembiayaannya. Elektrolisis merupakan salah satu metode alternatif pengolahaan limbah yang mengandung ion logam dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Kondisi-kondisi yang mempengaruhi hasil elektrolisis adalah cukup komplek salah satunya adalah pH elektrolit. Besarnya pH elektrolit sangat mempengaruhi bentuk dan jumlah deposit tembaga yang menempel di katoda. Dalam penelitian telah dikaji pengaruh pengaturan pH awal elektrolisis terhadap hasil deposit tembaga pada katoda. Elektrolisis limbah limbah cair pelarutan PCB (etching) dihasilkan deposit maksimum yang menempel di katoda 0 738 gram pada pH 3 sedangkan elektrolisis limbah padat dihasilkan deposit maksimum yang menempel di katoda 0 802 gram pada pH 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23195

Actions (login required)

View Item View Item