Hubungan perilaku asertif dan kepercayaan diri siswa SMA Panca Marga 1 Lamongan / Siti Nur Agustiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perilaku asertif dan kepercayaan diri siswa SMA Panca Marga 1 Lamongan / Siti Nur Agustiningsih

Agustiningsih, Siti Nur (2017) Hubungan perilaku asertif dan kepercayaan diri siswa SMA Panca Marga 1 Lamongan / Siti Nur Agustiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustiningsih Siti Nur. 2016. Hubungan Perilaku Asertif Dengan Kepercayaan Diri Siswa SMA Panca Marga 1 Lamongan. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd (II) Irene Maya Simon S Pd M.Pd. Kata kunci Perilaku Asertif Kepercayaan Diri Siswa SMA Dengan memiliki kemampuan asertif memungkinkan seseorang untuk bertindak menurut kepentingan sendiri untuk membela diri sendiri tanpa kecemasan yang semestinya untuk mengekspresikan perasaan jujur dengan nyaman untuk menerapkan hak-hak pribadi tanpa menyangkal hak-hak orang lain. Hal ini bertolak belakang dengan individu yang tidak tegas atau tidak asertif orang yang tidak asertif akan dijauhi dari lingkungannya dengan kondisi yang demikian akan mengurangi rasa percaya diri karena tidak bersosialisasi dengan lingkungan yang baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi tentang perilaku asertif siswa di SMA Panca Marga 1 Lamongan (2) kepercayaan diri siswa di SMA Panca Marga 1 Lamongan (3) hubungan antara perilaku asertif dan kepercayaan diri siswa di SMA Panca Marga 1 Lamongan Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Panca Marga 1 Lamongan yang berjumlah 263 siswa dan sampel penelitian menggunakan simple random sampling dan sampel penelitian berjumlah 114 siswa. Data perilaku asertif dan kepercayaan diri diperoleh dengan kuesioner atau angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku asertif siswa cenderung tinggi. Sedangkan kepercayaan diri siswa tersebar merata kearah tinggi dan rendah. Kedua variabel memiliki korelasi yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian bagi konselor diharapkan memberikan pelayanan bimbingan dan konseling dengan memberikan informasi tentang perilaku asertif dan kepercayaan diri. Memberikan keterampilan berperilaku asertif untuk meningkatkan perilaku asertif serta mengembangkan kepercayaan diri siswa dengan memberikan layanan informasi yang berhubungan dengan kepercayaan diri kepada siswa Abstract Agustiningsih Siti Nur. 2016. Assertive Behavior Relationship With Self Confidence High School Students Panca Marga 1 Lamongan. Thesis Department of Guidance and Counseling Faculty of Education State University of Malang. Supervisor (I) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd (II) Irene Maya Simon S Pd M.Pd. Keywords Assertive Behavior Self Confidence High School Students By having assertiveness allowing a person to act according to his or her own interests to oneself without proper anxiety to express feelings of honesty comfortably to exercise personal rights without denying the rights of others. This is in contrast to individuals who are not assertive or not assertive people who are not assertive will be shunned from the environment with conditions that will reduce the confidence of not socializing with a good environment. (1) description of student assertive behavior in SMA Panca Marga 1 Lamongan (2) confidence in SMA Panca Marga 1 Lamongan (3) relationship between assertive behavior and confidence in SMA Panca Marga 1 Lamongan The research design used is correlational descriptive research. Population in this research is student of class XI SMA Panca Marga 1 Lamongan utilizing 263 student and sample of research use simple random sampling and sample research. Data of assertive behavior and confidence with questionnaire or questionnaire. Data analysis techniques in this study using product moment. The results showed high student assertive behavior. Mention the students spread evenly toward the high and low. Both variables have significant significance. Based on the results of research for counselors are expected to provide guidance and counseling services by providing information about assertive behavior and confidence. The way of teaching assertively behaves to improve assertive behavior and build student self-confidence by providing confidence-related information services to students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2319

Actions (login required)

View Item View Item