Penentuan struktur dengan metode difraksi sinar-X senyawa-senyawa kompleks dari perak (I) tiosianat dan perak(I) sianat dengan difenil (2,4,6-Trimetoksifenil)Fosfina / oleh Eva Wahyudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penentuan struktur dengan metode difraksi sinar-X senyawa-senyawa kompleks dari perak (I) tiosianat dan perak(I) sianat dengan difenil (2,4,6-Trimetoksifenil)Fosfina / oleh Eva Wahyudin

Wahyudah, Eva (2005) Penentuan struktur dengan metode difraksi sinar-X senyawa-senyawa kompleks dari perak (I) tiosianat dan perak(I) sianat dengan difenil (2,4,6-Trimetoksifenil)Fosfina / oleh Eva Wahyudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyudah Eva. 2015. Keefektifan Pendekatan Perubahan Konseptual dengan Teknik Predict-Observe-Explain (POE) dan Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Ikatan Kimia Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Kediri. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sri Rahayu M.Ed Ph.D. (II) Dr. Munzil M.Si. Kata Kunci pendekatan perubahan konseptual POE animasi ikatan kimia. Peserta didik datang ke kelas untuk pembelajaran sudah membawa pemahaman awal yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan. Pemahaman awal peserta didik yang berbeda dengan konsep yang benar dapat menghambat dalam pembelajaran. Ikatan kimia merupakan konsep yang cenderung sulit dipahami oleh peserta didik karena konsep yang bersifat abstrak dan kompleks. Hal ini dapat menimbulkan kesalahan konsep. Oleh karena itu perlu pendekatan pembelajaran untuk mencegah kesalahan konsep sejak awal pembelajaran yaitu pendekatan perubahan konseptual dengan teknik Predict-Observe-Explain (POE) dan animasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pendekatan perubahan konseptual dengan teknik POE dan animasi terhadap pemahaman konsep retensi dan kesalahan konsep pada ikatan kimia . Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Subyek penelitin adalah 64 peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Kediri tahun 2013/2014 yang terbagi dalam dua kelas. Kelas pertama terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan pendekatan perubahan konseptual. Kelas kedua terdiri dari 32 peserta didik sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pendekatan konvesional. Data penelitian berupa skor pretes postes dan delayed test yang menggunakan 22 item tes pilihan ganda dua tingkat. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis ANCOVA dengan uji lanjut uji t dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikansi terdapat perbedaan keefektifan antara pendekatan perubahan konseptual dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan retensi pemahaman. Pemahaman konsep dan retensi pemahaman konsep ikatan kimia pada kelas ekperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Pendekatan perubahan konseptual dengan teknik POE dan animasi memiliki pengaruh paling kuat pada kelompok konsep identifikasi ikatan. Persentase kesalahan konsep peserta didik pada materi ikatan kimia kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan perubahan konseptual dengan teknik POE dan animasi efektif terhadap pemahaman konsep retensi pemahaman konsep dan mencegah kesalahan konsep ikatan kimia pada peserta didik. Penelitian lebih lanjut untuk mengetahui resistensi kesalahan konsep dapat dilakukan dengan wawancara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2005 04:29
Last Modified: 09 Sep 2005 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23182

Actions (login required)

View Item View Item