Hubungan motivasi belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Malang / Selvandry Fitra Nurgianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan motivasi belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Malang / Selvandry Fitra Nurgianto

Nurgianto, Selvandry Fitra (2017) Hubungan motivasi belajar dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Malang / Selvandry Fitra Nurgianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurgianto S. F. 2017. Hubungan Motivasi Belajar dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Malang. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Henny Indreswari M.Pd (II) Drs. H. Harmiyanto M.Pd. Kata Kunci Motivasi belajar prokrastinasi akademik siswa SMP Ketika proses pembelajaran guru akan memberikan tugas kepada masing-masing siswa tugas tersebut dapat dikerjakan langsung maupun sebagai pekerjaan rumah. Dalam pengumpulan tugas ada siswa yang tepat waktu dan siswa yang terlambat serta ada siswa yang tidak mengumpulkan tugas. Perilaku menunda-nunda atau prokrastinasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari dalam maupun luar diri siswa. Faktor yang berasal dari dalam yaitu kondisi fisik dan kondisi psikologis individu sedangkan yang berasal dari luar gaya pengasuhan orang tua dan lingkungan. Motivasi belajar juga dapat menjadi dorongan bagi siswa dalam belajar sehingga dapat menekan perilaku prokrastinasi. Tujuan (1) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa (2) untuk mengetahui gambaran perilaku prokrastinasi akademik (3) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Malang dengan jumlah sampel sebanyak 167 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan skala motivasi belajar dan skala prokrastinasi akademik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 80 2% dan perilaku prokrastinasi akademik siswa berada dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 77 2%. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar -0 505 pada signifikansi 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item