Efektifitas permainan simulasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP / Irsyada Oktaria Sasmita - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas permainan simulasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP / Irsyada Oktaria Sasmita

Sasmita, Irsyada Oktaria (2017) Efektifitas permainan simulasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP / Irsyada Oktaria Sasmita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sasmita Irsyada Oktaria. 2017. Efektifitas Permainan Simulasi dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd dan (II) Dr. H. IM. Hambali M.Pd Kata Kunci Permainan Simulasi Kepedulian Sosial Siswa SMP Kepedulian sosial merupakan sikap ingin membantu orang lain tanpa adanya paksaan dan mengesampingkan kepentingan pribadinya. Namun pada kenyataannya siswa masih belum terlihat memiliki kepedulian sosial. Siswa masih mementingkan kepentingan pribadinya asik dengan dunianya sendiri dan mengesampingkan kepentingan sosial. Siswa cenderung cuek dengan lingkungan yang ada di sekitarnya. Permainan simulasi adalah salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan simulasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental one-group pretest posttest design. Penentuan sampel pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Siswa kelas 8C yang berjumlah 32 orang siswa dipilih sebagai sampel pada penelitian ini karena telah memenuhi kriteria. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah inventori kepedulian sosial yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis uji beda menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan simulasi dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP. Hal ini terbukti bahwa nilai T hitung -7.179 dengan nilai Signifikansi menunjukkan hasil 0.000 yang berarti lebih kecil dari 0.05 maka Ho di tolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa antara skor pretest dan posttest berbeda secara signifikan. Artinya permainan simulasi dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan dalam memberikan layanan konselor dapat menggunakan permainan simulasi dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa. Peneliti selanjutnya hendaknya menggunakan kelompok kontrol dengan teknik yang berbeda sebagai pembanding agar keberhasilan pada kelompok eksperimen dapat dilihat keefektifannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2314

Actions (login required)

View Item View Item