Pratiwi, Anita Candra (2011) Pengembangan media komik pembelajaran matematika pokok bahasan perkalian dan pembagian sekolah dasar kelas III semester I di SDN Karang Besuki I Malang / Anita Candra Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media komik efektif perkalian dan pembagian Dalam pelajaran matematika dikenal berbagai operasi hitung diantaranya perkalian dan pembagian. Perkalian dan pembagian memiliki tingkat kesulitan perhitungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan penjumlahan dan pengurangan terutama bagi anak-anak sekolah dasar. Selama ini proses pembelajaran matematika yang dilakukan di SDN Karang Besuki I Malang dilakukan dengan metode ceramah dan tugas-tugas selain itu guru mengadakan kuis yang dilakukan pada saat menjelang atau akhir jam pelajaran dengan menggunakan media kartu bilangan. Namun usaha yang dilakukan guru tersebut masih kurang maksimal dalam pencapaian hasil belajar. Untuk itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dengan harapanlebih memaksimalkan pencapaian hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut penulis pembagian kelas III semester I yang dilakukan di SDN Karang Besuki I Malang. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan prosedural. Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif yang menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Dalam pengembangan media komik pembelajaran ini peneliti memilih model pengembangan dari Sadiman (2009). Subjek penelitian adalah ahli materi ahli media dan audiens. Subjek penelitian ahli materi sebanyak dua orang guru kelas SDN Karang Besuki I Malang ahli media sebanyak dua orang yaitu dosen jurusan Teknologi Pendidikan dan 35 siswa SDN Karang Besuki I Malang. Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket (ahli materi ahli media dan siswa) Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari ahli materi sebesar 92% (valid) ahli media sebesar 94 5% (valid) audiens kelompok kecil sebesar 99% (valid) dan kelompok lapangan sebesar 93% (valid) maka diperoleh hasil bahwa media komik ini telah valid sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil belajar siswa rata-rata kelompok kecil sebelum ada komik adalah 56 8 dan meningkat menjadi 78 4 sehingga peningkatan hasil belajar kelompok kecil mencapai 38%. Hasil belajar siswa rata-rata kelompok lapangan sebelum ada komik adalah 67 2 dan meningkat menjadi 82 87 sehingga peningkatan hasil belajar kelompok lapangan mencapai 23%. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa media komik pembelajaran matematika perkalian dan pembagian untuk SDN Karang Besuki I Malang efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Peneliti menyarankan agar komik pembelajaran dikembangkan tidak hanya mata pelajaran menghitung saja melainkan pada mata pelajaran sosial juga. Selain itu produksi komik pembelajaran perlu ditambah untuk usia remaja karena untuk menambah referensi media pembelajaran sehingga siswa tidak hanya membaca komik hiburan tetapi juga membaca komik pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |