Penerapan teknik klarifikasi nilai sebagai upaya meningkatkan kesadaran moral dalam ujian siswa SMA / Abrilia Octavianita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik klarifikasi nilai sebagai upaya meningkatkan kesadaran moral dalam ujian siswa SMA / Abrilia Octavianita

Octavianita, Abrilia (2017) Penerapan teknik klarifikasi nilai sebagai upaya meningkatkan kesadaran moral dalam ujian siswa SMA / Abrilia Octavianita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Octavianita Abrilia. 2017. Penerapan Teknik Klarifikasi Nilai sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Moral dalam Ujian Siswa SMA. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Andi Mappiare A.T M.Pd (II) Irene Maya Simon S.Pd. M.Pd. Kata kunci klarifikasi nilai kesadaran moral ujian siswa Kesadaran moral dalam ujian merupakan suatu hal yang sangat penting dalam diri siswa. Siswa yang berperilaku sesuai dengan moral yaitu mereka mampu berperilaku dengan didasarkan atas pemahaman nilai yang dianutnya serta dapat menyesuaikan dengan peraturan yang ada di lingkungan masyarakat sehingga mampu mengembangkan kesadaran moral dalam ujian. Namun tidak semua siswa memahami dengan baik nilai-nilai moral dalam ujian yang perlu dijadikan pedoman setiap individu untuk mengatur perilakunya. Beberapa siswa tidak memahami nilai-nilai moral dalam ujian sehingga menunjukkan sikap yang tidak sesuai dengan moral yaitu mencontek saat ujian. Dalam hal ini bimbingan dengan setting kelompok dapat berguna untuk membantu remaja mengatasi permasalahan hidupnya. Adapun bimbingan yang dapat membantu siswa memperjelas menggali menemukan mengungkapkan dan memilih nilai yang dianutnya yaitu dengan teknik klarifikasi nilai. Penelitian menguji perbedaan tingkat kesadaran moral dalam ujian siswa SMA menggunakan teknik klarifikasi nilai. Rumusan masalahnya bagaimanakah perbedaan tingkat kesadaran moral dalam ujian siswa SMA Negeri 9 Malang sebelum dan setelah penerapan teknik klarifikasi nilai Rancangan penelitian pre-eksperimental bentuk one-group pretest-postest design. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas X SMA Negeri 9 Malang yang memiliki skor kesadaran moral dalam ujian rendah dan sedang berdasarkan hasil pretest dengan menggunakan skala kesadaran moral dalam ujian yang telah diberikan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat kesadaran moral dalam ujian sebelum dan setelah penerapan teknik klarifikasi nilai. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yang perlu dipertimbangkan bagi konselor SMA Negeri 9 Malang dan peneliti selanjutnya. Saran untuk konselor SMA Negeri 9 Malang adalah dapat menggunakan teknik klarifikasi nilai dengan menggunakan setting bimbingan kelompok yang terbukti efektif dalam meningkatkan kesadaran moral dalam ujian. Saran bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian dengan waktu yang tepat dan menggunakan kelompok kontrol sehingga dapat diperoleh hasil keefektifan yang lebih akurat. Octavianita Abrilia. 2017. Implementation of Value Clarification Technique to Improve Senior High School Students Morale Awareness in Examination. Undergraduate Thesis Department of Guidance and Counseling Faculty of Educational Science Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Andi Mappiare A.T M.Pd (II) Irene Maya Simon S.Pd. M.Pd. Keywords value clarification morale awareness student high school examination Moral awareness is an important part of the students examination. Students who behave in accordance with the moral that they are able to behave based on the understanding of its value and can adapt to the existing regulations in their society so as to develop moral awareness in their examination. But not all students understand well the moral values in the examination that need to be guided by each individual to organize their behaviour. Some students do not understand the moral values in the exam so to show an attitude that is not in accordance with the moral such as cheating on the exam. In this case guidance with group settings can be useful to help adolescents deal with their life problems. The guidance that can help students to clarify dig find express and choose the value that is followed by value clarification technique This research examines the level of moral awareness in high school students examination use value clarification technique. The formulation of this research is how the difference of the moral awareness level in students SMA Negeri 9 Malang examination before and after applying value clarification technique A research planning is in the form of one-group pretest-posttest design. This research subject use the population of 20 students of grade X SMA Negeri 9 Malang who have average and low score of moral awareness based on pre-test result that they already take related to the scale used. Hypothesis test is use Wilcoxon Signed Rank Test analysis. The results show that there is a difference in the level of moral awareness in the test before and after the application of value clarification techniques. According to the result there are some suggestions which need to be considering for counsellors of SMA Negeri 9 Malang and also for the next researcher. The suggestion for counsellors of SMA Negeri 9 Malang is using a value clarification technique to by group setting which is effective to increase the moral awareness of the students. And for the next researcher the writer suggests to do the research in appropriate time and doing a group control to reach an effective result accurately.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2309

Actions (login required)

View Item View Item