Keefektifan Spiritual Emotional Freedom Tehnique (SEFT) untuk menurunkan stres belajar siswa SMPN 9 Kota Malang / Sofia Ilma Nafi'a - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan Spiritual Emotional Freedom Tehnique (SEFT) untuk menurunkan stres belajar siswa SMPN 9 Kota Malang / Sofia Ilma Nafi'a

Nafi'a, Sofia Ilma (2017) Keefektifan Spiritual Emotional Freedom Tehnique (SEFT) untuk menurunkan stres belajar siswa SMPN 9 Kota Malang / Sofia Ilma Nafi'a. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nafi a Sofia Ilma. 2016. Keefektifan Spiritual Emotional Freedom Tehnique (SEFT) Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa SMPN 9 Kota Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. (2). Yuliati Hotifah S.Psi. M.Pd. Kata Kunci keefektifan SEFT stres belajar siswa Stres belajar dapat terjadi pada siswa dalam proses belajar yang disebabkan oleh adanya kesenjangan antara keinginan peserta didik dengan lingkungan belajarnya. Stres belajar perlu diorganisasikan dengan baik jika tidak akan berpotensi melahirkan perilaku maladaptif seperti kenakalan pelajar gagal belajar cemas depresi tidak percaya diri pemalu agresif harga diri rendah tertutup dan gejala psikosomatis lainnya. Penanganan stres belajar memerlukan upaya holistik secara fisik psikis sosial dan spiritual melalui manajemen Problem Focus Strategies dan Emotional Focus Strategies. Training motivasi dan terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Tehnique) merupakan salah satu cara yang dipakai dalam Emotional Focus Strategies. SEFT adalah teknik penyembuhan yang memadukan fungsi energi psikologi (energy medicine) dan do a (spiritualitas) dalam memperbaiki kondisi pikiran emosi perilaku individu dan efektif mengatasi sejumlah masalah belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Spiritual Emotional Freedom Tehnique (SEFT) untuk menurunkan stres belajar siswa SMPN 9 Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy-Experimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design. Subjek penelitian adalah 5 siswa kelas VII SMPN 9 Kota Malang dengan kategori stres belajar sedang dan berat pengumpulan data menggunakan skala stres belajar serta analisis data secara deskriptif dan/atau uji beda non parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat penurunan mean antara sebelum dan sesudah diberikan terapi SEFT dan (2) SEFT efektif menurunkan tingkat stres belajar siswa SMPN 9 Kota Malang dimana diterimanya H1 dan tertolaknya H0 dengan rata-rata taraf siginifikansi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item View Item