Perbandingan model pembelajaran student teams achievement division dengan problem based learning materi zat aditif makanan, adiktif dan psikotropika siswa SMP Negeri 11 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Sabtina Aprili Maqfirati Nur - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran student teams achievement division dengan problem based learning materi zat aditif makanan, adiktif dan psikotropika siswa SMP Negeri 11 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Sabtina Aprili Maqfirati Nur

Sabtina Aprili Maqfirati (2010) Perbandingan model pembelajaran student teams achievement division dengan problem based learning materi zat aditif makanan, adiktif dan psikotropika siswa SMP Negeri 11 Malang tahun ajaran 2009/2010 / Sabtina Aprili Maqfirati Nur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Model Pembelajaran Students Teams Achievement Division Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Prestasi Belajar. Untuk menunjang KTSP ini telah banyak model pembelajaran yang diterapkan diantaranya model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) dan Problem Based Learning (PBL). Pemilihan model pembelajaran ini berdasarkan hasil obeservasi pada SMP Negeri 11 Malang yang jarang menerapkan model pembelajaran konstruktivis. Selain itu juga model pembelajaran STAD dan PBL ini dapat diterapkan untuk materi-materi yang bersifat kontekstual seperti materi zat aditif adiktif dan psikotropika. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan PBL dan persepsi siswa terhadap kedua model pembelajaran tersebut pada materi zat aditif makanan zat adiktif dan psikotropika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Malang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas PBL adalah VIII-A dan VIII-E sebagai kelas STAD. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran prestasi belajar. Data penelitian berupa data kemampuan awal siswa prestasi belajar siswa dan keaktifan siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua cara yakni analisis statistik dan analisis deskriptif. Teknik analisis data statistik dilakukan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dengan PBL. Analisis deskriptif bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran STAD dan PBL. Teknik analisis yang meliputi uji hipotesis dengan uji-t dua pihak uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan dengan bantuan SPSS 16.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa pada materi zat aditif makanan untuk kelas STAD dan PBL sebesar 79 90 dan 75 40. Sedangkan pada materi zat adiktif dan psikotropika nilai rata-rata kelas STAD adalah 84 29 dan untuk siswa PBL sebesar 81 73. Nilai rata-rata zat aditif makanan adiktif dan psikotropika pada masing-masing kelas STAD dan PBL sebesar 82 09 dan 78 57. Berdasarkan analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas STAD dan PBL. Model pembelajaran Students Teams Achievemen Division (STAD) dan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sehingga disarankan bagi guru bidang studi hendaknya model pembelajaran ini diterapkan pada pokok bahasan zat aditif makanan zat adiktif dan psikotropika ataupun materi lain yang memiliki karakter materi yang sesuai. Dan diperlukan adanya perbandingan model pembelajaran lain untuk mengetahui keefektifan suatu model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23010

Actions (login required)

View Item View Item