Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar, keterampilan kerja ilmiah dan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2009/2010 pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan / Dwivanty Dewi A - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar, keterampilan kerja ilmiah dan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2009/2010 pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan / Dwivanty Dewi A

Dwivanty Dewi (2010) Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar, keterampilan kerja ilmiah dan motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Probolinggo tahun ajaran 2009/2010 pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan / Dwivanty Dewi A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Inkuiri terbimbing keterampilan kerja ilmiah motivasi belajar hasil belajar kelarutan dan hasil kali kelarutan Kimia berkaitan dengan dua hal yang tidak terpisahkan yaitu kimia sebagai produk temuan ilmuwan dan kimia sebagai proses (kerja ilmiah). Dalam pembelajaran kimia guru diharapkan mampu memilih metode pembelajaran sehingga siswa turut aktif dalam pembelajaran dan belajar mencari konsep-konsep kimia. Salah satu metode pembelajaran yang bersifat konstruktivistik dan sesuai dengan prinsip pelaksanaan KTSP yang berlaku adalah metode inkuiri terbimbing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar motivasi belajar dan keterampilan kerja ilmiah siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dan rancangan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI semester 2 SMA Negeri 2 Probolinggo yang berjumlah tiga kelas dengan tingkat kognitif sama. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara undian untuk memilih dua kelas dan diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dan kelas kontrol dibelajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran lembar observasi kerja ilmiah siswa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Dari hasil uji coba tes hasil belajar kognitif diperoleh 18 soal valid dengan tingkat realibilitas 0 841. Perbedaan hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 65533 65533 0 05. Untuk memperoleh gambaran secara nyata tentang motivasi dan keterampilan kerja ilmiah siswa dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dimana hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing lebih tinggi (70 91) daripada siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional (65 88) (2) penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang positif terhadap keterampilan kerja ilmiah siswa hal ini dapat dilihat dari rata-rata ketercapaian keterampilan kerja ilmiah siswa untuk setiap aspek yang makin meningkat selama tiga kali pertemuan (3) motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23007

Actions (login required)

View Item View Item