Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen terhadap proses pembelajaran, hasil belajar, dan persepsi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung pada materi koloid / Eko Budi Santoso - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen terhadap proses pembelajaran, hasil belajar, dan persepsi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung pada materi koloid / Eko Budi Santoso

Eko Budi (2010) Pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen terhadap proses pembelajaran, hasil belajar, dan persepsi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung pada materi koloid / Eko Budi Santoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran inkuiri proses pembelajaran hasil belajar persepsi koloid. Pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen merupakan salah satu pembelajaran yang konstruktivistik. Metode pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen menekankan pada keterlibatan aktif siswa dalam mencari dan menemukan sendiri konsep dasar sehingga siswa lebih mudah memahami konsep-konsep tersebut dan ingatan siswa terhadap konsep tersebut akan bertahan lama. Salah satu materi dalam pembelajaran kimia yang dapat dibelajarkan dengan inkuiri berbasis eksperimen adalah koloid. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mengetahui kualitas proses pembelajaran hasil belajar psikomotorik dan afektif dan persepsi siswa terhadap pembelajaran kimia materi koloid serta mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan metode inkuiri berbasis eksperimen dan verifikatif (ceramah-praktikum). Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu dan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung dimana populasi dan sampel adalah siswa kelas XI. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen dan kelas kontrol dengan pembelajaran verifikatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen perlakuan yaitu silabus RPP LKS dan hands-out materi koloid dan instrumen pengukuran berupa soal tes lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik (uji normalitas uji homogenitas uji t) dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini dapat diketahui dari nilai signifikansi yaitu 0 006 0 05 pada taraf signifikansi 5% dan nilai thitung ttabel (2 804 1 993). Pada ranah psikomotorik dan afektif kelas yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran inkuiri berbasis eksperimen terbukti lebih baik dari kelas kontrol yang dibelajarkan dengan pembelajaran verifikatif (ceramah-praktikum). Rata-rata hasil penilaian psikomotorik dan afektif kelas eksperimen berturut-turut 78 2 dan 85 4 sedangkan pada kelas kontrol 72 3 dan 80 4. Proses pembelajaran dalam kelas eksperimen dan kontrol sama-sama dalam kategori berkualitas. Namun dalam kelas eksperimen terjadi peningkatan persentase proses pembelajaran yaitu berturut-turut 72% 76% 80% dan 83% dibandingkan kelas kontrol yang cenderung stabil yaitu 68% 70% 70% dan 70%. Persepsi siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal ini dapat diketahui dari perbedaan skor rata-rata persepsi siswa. Rata-rata skor persepsi siswa kelas eksperimen sebesar 62 2 sedangkan kelas kontrol sebesar 57.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/23000

Actions (login required)

View Item View Item