Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Lia Rizqi Ramadhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Lia Rizqi Ramadhani

Lia Rizqi (2010) Pengaruh penerapan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Lia Rizqi Ramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Inkuiri terbimbing kemampuan berpikir tingkat tinggi hasil belajar kimia Tujuan mata pelajaran kimia yang terdapat di dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah agar peserta didik memiliki kemampuan menerapkan metode ilmiah melalui percobaan. Untuk mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan dengan menempuh berbagai upaya salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing hasil belajar psikomotorik dan afektif serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (2) mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan dua rancangan penelitian yaitu eksperimental semu dan rancangan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 3 Malang semester 2 tahun ajaran 2009/2010. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling kelompok (cluster sampling). Kelas XI IPA 4 (kelas eksperimen) dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing dan kelas XI IPA 3 (kelas kontrol) dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan lembar observasi yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing hasil belajar psikomotorik dan afektif. Tes hasil belajar (soal objektif) terdiri dari 21 soal valid dan reliabilitas soal dihitung dengan rumus Kuder-Richardson 20 sebesar 0 847. Data hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis dengan uji-t dua pihak dan uji-t pihak kanan. Data keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing hasil belajar psikomotorik dan afektif serta kemampuan berpikir tingkat tinggi dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran inkuiri terbimbing pada penelitian ini dapat berlangsung dengan baik (2) terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang dibelajarkan menggunakan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing (guided inquiry) lebih tinggi (nilai rata-rata 73 3) dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (nilai rata-rata 67 2) (3) hasil belajar psikomotorik dan afektif serta kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Persentase kemampuan siswa dalam menjawab soal pada jenjang C4 dan C5 untuk siswa yang dibelajarkan dengan metode inkuiri terbimbing sebesar 78 1% sedangkan untuk siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional sebesar 52 6 dan 61 4%. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22996

Actions (login required)

View Item View Item