Perbandingan model pembelajaran learning cycle 5E (LC 5E) dengan think pair share (TPS) dalam materi zat aditif makanan dan zat aditif dan psikotropika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Malang tahun ajaran 2009-2010 / Yeyek Ihdal Umam - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model pembelajaran learning cycle 5E (LC 5E) dengan think pair share (TPS) dalam materi zat aditif makanan dan zat aditif dan psikotropika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Malang tahun ajaran 2009-2010 / Yeyek Ihdal Umam

Yeyek Ihdal (2010) Perbandingan model pembelajaran learning cycle 5E (LC 5E) dengan think pair share (TPS) dalam materi zat aditif makanan dan zat aditif dan psikotropika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Malang tahun ajaran 2009-2010 / Yeyek Ihdal Umam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Learning Cycle 5E (LC 5E) Think Pair Share (TPS) Hasil Belajar Tiga komponen utama yang penting dalam konteks pembaruan pendidikan yaitu pembaruan kurikulum peningkatan kualitas pembelajaran dan efektivitas metode pembelajaran. Peningkatan kualitas pembelajaran dan efektivitas metode pembelajaran dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran di kelas diantaranya melalui penerapan model pembelajaran seperti Learning Cycle 5E (LC 5E) dan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). LC mengembangkan proses berpikir siswa memberi kesempatan kepada siswa melakukan percobaan sains secara langsung dan membuat pelajaran bermakna sedangkan TPS memberikan kepada siswa waktu untuk berpikir dan merespon serta saling membantu satu sama lain. meskipun kedua model pembelajaran memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa akan tetapi belum diketahui model pembelajaran TPS atau LC 5E yang mampu memberikan kontribusi terbaik dalam membangun pengetahuan peserta didik melalui interaksi dari segala arah. Oleh sebab itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran LC-5E dengan TPS pada materi zat aditif makanan dan zat adiktif dan psikotropika pada SMP Negeri 11 Malang. Rancangan penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu dan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Malang dengan sampel kelas VIII-D sebagai kelas LC 5E dan kelas VIII-F sebagai kelas TPS tahun ajaran 2009-2010. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran hasil belajar. Data penelitian berupa data kemampuan awal hasil belajar dan keaktifan siswa. Teknis analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik. Analisis deskriptif digunakan unruk mengetahui persepsi dan keaktifan siswa. Teknik analisis data statistik bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran LC-5E dengan TPS. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji hipotesis atau Uji-t dengan bantuan SPSS for Windows. Data hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata siswa pada kelas TPS untuk materi zat aditif makanan adalah 78 26 sedangkan kelas LC 5E rmempunyai rata-rata 72 07. Pada materi zat adiktif dan psikotropika nilai rata-rata kelas TPS dan LC 5E adalah 82 33 dan 76 47. Uji hipotesis (uji-t) menunjukan bahwa baik pada materi zat aditif makanan maupun zat adiktif dan psikotropika nilai thitung ttabel pada taraf signifikansi 0 05 dengan demikian dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar antara kelas LC 5-E dengan TPS (VIII-D dengan VIII F) SMP Negeri 11 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22993

Actions (login required)

View Item View Item