Pengembangan paket bimbingan perencanaan studi lanjut dengan model creative problem solving bagi siswa SMA / Agrery Ayu Nadiarenita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket bimbingan perencanaan studi lanjut dengan model creative problem solving bagi siswa SMA / Agrery Ayu Nadiarenita

Nadiarenita, Agrery Ayu (2017) Pengembangan paket bimbingan perencanaan studi lanjut dengan model creative problem solving bagi siswa SMA / Agrery Ayu Nadiarenita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nadiarenita Agrery A. 2016. Pengembangan Paket Bimbingan Perencanaan Studi Lanjut Dengan Model Creative Problem Solving Bagi Siswa SMA. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Muslihati S.Ag. M.Pd. (II) Yuliati Hotifah S.Psi. M.Pd. Kata kunci Perencanaan Studi Lanjut Creative Problem Solving Perencanaan studi lanjut adalah suatu proses penerapan pengetahuan siswa dalam rangka menyusun rencana yang sistematik berkaitan dengan pendidikan lanjutan untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. Proses perencanaan ini meliputi tiga tahapan yaitu pemahaman kemampuan diri pemahaman informasi studi lanjut dan diakhiri dengan pengambilan keputusan pilihan studi lanjut. Berdasarkan hasil need assessment di SMAN 9 Malang diketahui permasalahan yang dihadapi oleh sebagian besar siswa dalam mempersiapkan studi lanjut ini adalah siswa kurang memahami potensi yang dimiliki sehingga ragu dalam menentukan penjurusan siswa kurang memahami informasi studi lanjut yang berkaitan dengan perguruan tinggi dan pada akhirnya berdampak pada pengambilan keputusan studi lanjut yang tidak menggunakan pertimbangan. Selain itu ketidaksiapan siswa untuk menghadapi kegagalan pada saat seleksi masuk di perguruan tinggi juga menjadi masalah yang belum terselesaikan.Masalah individu yang kompleks ini membutuhkan penyelesaian masalah secara kreatif sehingga individu akan lebih mudah menemukan solusi atas masalahnya. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan paket bimbingan perencanaan studi lanjut dengan model creative problem solving untuk membantu siswa menemukan alternatif-alternatif pilihan studi lanjut dalam rangka pengambilan keputusan karier. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah Borg Gall (1983). Prosedur yang dilaksanakan adalah (1) pengumpulan data (2) penyusunan produk (3) uji coba produk (4) revisi produk dan (5) penyajian produk penelitian. Produk diuji berdasarkan aspek keberterimaan yang dikembangkan menjadi instrumen skala penilaian oleh peneliti. Subjek uji coba dibagi menjadi dua yaitu uji coba produk awal dan uji lapangan terbatas. Uji coba produk awal telah dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sedangkan uji lapangan terbatas dilakukan oleh calon pengguna yaitu konselor. Data kuantitatif dari hasil uji ahli materi media dan calon pengguna dianalisis menggunakan inter-rater agreement model (Gregory 2011) serta hasil berupa saran dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji ahli materi oleh Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling ahli media oleh Dosen Jurusan Teknologi Pendidikan dan Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling diperoleh indeks dengan validitas sangat tinggi. Sedangkan data deskriptif pada lembar saran dijadikan sebagai pertimbangan dalam revisi produk. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah produk paket pengembangan perencanaan studi lanjut dengan model creative problem solving telah memenuhi aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Untuk mengetahui keefektifan paket bimbingan ini konselor dan peneliti lain dapat melakukan uji eksperimen dengan kelompok terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2299

Actions (login required)

View Item View Item