Pengembangan media bimbingan autoplay tentang karakter tanggung jawab siswa SMP berbasis cerita rakyat / Desy Susilowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media bimbingan autoplay tentang karakter tanggung jawab siswa SMP berbasis cerita rakyat / Desy Susilowati

Susilowati, Desy (2017) Pengembangan media bimbingan autoplay tentang karakter tanggung jawab siswa SMP berbasis cerita rakyat / Desy Susilowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilowati Desy. 2016. Pengembangan Media Bimbingan Autoplay tentang Karakter Tanggung Jawab Siswa SMP Berbasis Cerita Rakyat. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muslihati S.Ag. M.Pd (II) Yuliati Hotifah S.Psi. M.Pd Kata Kunci karakter tanggung jawab media bimbingan autoplay cerita rakyat. Nilai-nilai yang dikembangkan pada pendidikan karakter baik dalam pendidikan formal maupun nonformal diantaranya jujur tanggung jawab cerdas sehat dan bersih peduli kreatif dan gotong royong. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilancarkan oleh konselor SMP N 2 Malang menunjukkan rendahnya pencapaian tugas perkembangan siswa terdapat pada aspek kesadaran tanggung jawab. Sehingga karakter tanggung jawab siswa perlu dikembangkan. Upaya pendidikan karakter agar bersifat efektif maka konselor dapat mengusahakan implementasi berbagai metode misalnya dengan membaca cerita atau dongeng yang sesuai. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini menjadikan siswa lebih memilih teknologi berbasis komputer daripada dalam bentuk cetak. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media bimbingan autoplay tentang karakter tanggung jawab siswa SMP berbasis cerita rakyat yang layak digunakan untuk memberikan layanan bimbingan dan konseling Model prosedural penelitian pengembangan ini mengadaptasi 7 dari 10 langkah penelitian Borg Gall (1983) yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) merevisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan dan (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Produk pengembangan ini terdiri dari media bimbingan dan buku panduan konselor yang keduanya telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah diuji cobakan pada calon pengguna yaitu konselor dan siswa. Selain itu penelitian pengembangan ini juga menghasilkan inventori karakter tanggung jawab sebagai instrumen evaluasi yang telah diuji reliabilitas dan validitasnya. Hasil validasi dari ahli materi ahli media dan uji calon pengguna yang dinilai dari aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan memperoleh hasil rata-rata skor 3 57 dengan kriteria sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan ini sangat layak digunakan sebagai media bimbingan dalam memberikan layanan bimbingan tentang karakter tanggung jawab. Saran bagi konselor diharapkan menggunakan produk dalam layanan bimbingan kelompok/klasikal pada bidang pribadi sosial serta mampu bekerjasama dengan guru mata pelajaran lain agar mampu memaksimakan media yang dikembangkan. Bagi peneliti selanjutnya disarankan agar memperhatikan spesifikasi komputer yang digunakan untuk membuat dan mengoperasikan media agar tidak lambat ketika dioperasikan. Selain itu perlu dilakukan uji keefektifan produk dengan menggunakan penelitian sejenisnya melanjutkan pada tahap 8 9 dan 10 pada model prosedural penelitian pengembangan Borg Gall.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2298

Actions (login required)

View Item View Item