Dewi, Erindah Eka Kusuma (2017) Efektivitas tekni sosiodrama untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas VII B SMP Negeri 15 Malang / Erindah Eka Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Dewi Erindah Eka Kusuma. 2016. Efektifitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas VII B SMPNegeri 15 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Elia Flurentin M.Pd (II) Irene Maya Simon S.Pd M. Pd. Kata Kunci percaya diri sosiodrama siswa SMP. Berdasarkan hasil pengamatan pada Kajian dan Praktik Lapangan (KPL) banyakdijumpaisiswa yang kesulitandalamberinteraksi. Siswa yang berada pada usia 11-12 tahun adalah siswa yang memasuki Sekolah Menengah Pertama kelasVII merekaberada dalam masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa remaja awal.Salahsatuhambatanperkembanganadalah siswa terlihat canggung dan lebih banyak berdiam diriketikaberadapadalingkunganbaru.Hambatanperkembanganberikutnyaadalahsiswaberinteraksidengantemansekelashanyaseperlunyasaja.Hambatanperkembangansepertiituterjadidisebabkankarenatingkatpercayadiri yang rendah.Lindenfield yang menyatakanbahwa orang yang percaya diri adalah orang yang merasa puas dengan dirinya. Adapun maksud dari merasa puas terhadap dirinya yaitu orang yang memahami dengan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya dan bangga atas apa yang dimiliki serta bertanggungjawab atas tindakan yang dilakukan tanpa rasa cemas dan ragu-ragu.Tekniksosiodramamerupakansalahsatuteknik yang dapatdigunakanuntukmeningkatkanpercayadiri tekniksosiodramamerupakanalatuntukmencapaitujuanbimbingan. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikeefektifantekniksosiodramauntukmeningkatkanpercayadirisiswakelas VII B SMPNegeri 15 Malang.Desainpenelitianekperimendalampenelitianinimenggunakanone group pretest-posttest design.Subjekdalampenelitianiniadalahlimasiswa yang mempunyaitingkatpercayadiriterendahdalamsatukelas. Instrumenpenelitian yang digunakanadalahinventoripercayadiridanpedomaneksperimen. Ujipembedauntukmengukurhipotesisdalampenelitianinimenggunakanuji T-Test.padahasilujiT-Test yang diperolehnilaisignifikan sip-value sebesar 0 000.Nilaitersebutkurangdaribataskritispenelitian yaitu 0 05. Nilai t hitung -9.237 lebihbesardaritabel t pada DF 30 yaknisebesar 1 694 sehinggakeputusanhipotesisadalahmenerima H1 atau yang berartiterdapatperbedaan yang bermaknaantaraskorpretest dan skor posttest. Berdasarkankesimpulan yang diperolehdalampenelitianini adabeberapa saran yang perludipertimbangkanuntukkonselordanpenelitiselanjutnya.Bagikonselorsebaiknyamengetahuiisigarisbesarceritadanpesan yang terkandungdidalamskenariososiodramasertamemperhatikanketersediaanwaktu .Bagipenelitiselanjutnyaagar dalam melaksanakan penelitian sebaiknyamenggunakankelompokkontrol agar sama-samadiberiperlakuan.agarbisadiketahuiperbedaanskorantarakelompokkontroldengankelompokeksperimensertamenggunakanteknikpermainanterstruktur agar keseluruhanjabaranvariabelpercayadiriterlampaui.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2297 |
Actions (login required)
View Item |