Pengembangan multimedia interaktif layanan informasi tentang dalam belajar siswa kelas VIII SMP / Faisal Alfan

Alfan, Faisal (2016) Pengembangan multimedia interaktif layanan informasi tentang dalam belajar siswa kelas VIII SMP / Faisal Alfan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Alfan, Faisal. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Layanan Infromasi Stres dalam Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1)Dr. H. Adi Atmoko, M.Si, (2) Irene Maya Simon, S.Pd.M.Pd. Kata Kunci:Multimedia Interaktif, Layanan Informasi, Stres Belajar. Siswa di sekolah sering mengalami tuntutan dalam bidang akademik. Tuntutan itulah yang membuatsiswa mengalami stres dalam belajar. Tugas konselor di sekolah adalah membantu siswa dalam tugas perkembangannya. Tujuan penelitian menghasilkan produk berupa multimedia interaktif layanan informasi tentang stres belajar siswa kelas VIII SMP berdasarkan aspek keberterimaan yaitu kegunaan, ketepatan, kemudahan, dan kemenarikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model Borg and Gall (1983). Prosedur pengembangan yang dilakukan sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan; (2) pengembangan produk; (3) uji coba produk; (4) revisi produk; dan (5) produk akhir. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 15 Malang. Subyek penelitian yaitu 6 orang siswa kelas VIII-B yang memiliki gejala stres dalam belajar. Instrumen penelitian menggunakan angket untuk memperoleh hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, calon pengguna produk dan kelompok kecil. Produk yang dihasilkan adalah (1) multimedia interaktif layanan informasi tentang stres belajar siswa kelas VIII SMP, dan (2) buku panduan penggunaan multimedia interaktif untuk konselor. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari penilaian ahli materi, ahli media, calon pengguna produk dan kelompok kecil yaitu sangat berguna, sangat tepat, sangat mudah, dan sangat menarik. Kesimpulan dari produk yang dihasilkan dapat diterima. Hasil penelitian disarankan (1) konselor diharapkan mempelajari prosedur bimbingan dan materi bimbingan sebelum mengaplikasikannya dalam kegiatan layanan, (2) desiminasi produk untuk skala yang lebih luas kepada guru ataupun konselor untuk menyebarluaskan produk agar digunakan demi kemajuan dunia bimbingan dan konseling, (3) penelitian selanjutnya yaituperlu dilakukan pengujian terhadap keefektifan produk multimedia interaktifdan buku panduan dengan uji kelompok yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2296

Actions (login required)

View Item View Item