Keefektifan konseling realita untuk meningkatkan konsep diri siswa dari keluarga broken home di SMP Negeri 13 Malang / Fadilah Nurul Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling realita untuk meningkatkan konsep diri siswa dari keluarga broken home di SMP Negeri 13 Malang / Fadilah Nurul Aini

Aini, Fadilah Nurul (2016) Keefektifan konseling realita untuk meningkatkan konsep diri siswa dari keluarga broken home di SMP Negeri 13 Malang / Fadilah Nurul Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Fadilah Nurul. 2016. Keefektifan Konseling Realita untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa dari Keluarga Broken Home. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Adi Atmoko M.Si (II) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd. Kata kunci Konseling realita konsep diri siswa broken home Dalam proses pembentukan dan perkembangan kepribadian masa anak-anak di lingkungan keluarga mempunyai peranan yang sangat penting sebagai dasar dalam pembentukan konsep diri anak. Sehingga diperlukan keluarga yang harmonis untuk menciptakan pribadi yang ideal pada anak. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan konseling realita untuk meningkatkan konsep diri siswa dari keluarga broken home. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan desain Single Subject Design dengan model A-B-A . Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua siswa SMP yang menunjukkan konsep diri rendah berdasarkan inventori konsep diri dengan validitas butir r 8805 0 3 berjumlah 37 item dan reliabilitas sebesar 0 928. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian yaitu inventori panduan konseling dan pedoman observasi. Panduan konseling dikembangkan sebagai pedoman dalam melaksanakan konseling realita sedangkan pedoman observasi digunakan untuk mengetahui perkembangan tingkat konsep diri siswa terhadap treatment yang diberikan. Observasi dilakukan enam kali pada masing-masing fase A B dan fase A . Analisis data yang digunakan adalah visual inspection berupa grafik yang menggambarkan hasil observasi pada fase A fase B dan fase A selain itu data hasil observasi juga diolah dalam bentuk persentase untuk menunjukkan peningkatan konsep diri pada setiap subjek penelitian. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan tingkat konsep diri siswa setelah dilakukan konseling realita. Subjek NA mengalami peningkatan sebesar 90 56% dan subjek MFY sebesar 72 58%. Hasil perolehan skor inventori konsep diri masing-masing subjek mengalami peningkatan dari fase A ke fase A . Subjek NA memperoleh skor 72 (rendah) menjadi 114 (tinggi) dan subjek MFY memperoleh skor 69 (rendah) menjadi 108 (sedang). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling individu realita efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa dari keluarga broken home. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada konselor tetap menjaga hubungan baik dengan konseli agar mendapat perubahan perilaku yang diharapkan. Sedangkan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan kelompok kontrol dan memilih subjek secara random.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2293

Actions (login required)

View Item View Item