Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA laboratorium universitas negeri Malang dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Khairun Nisak - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA laboratorium universitas negeri Malang dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Khairun Nisak

Khairun (2010) Identifikasi kesulitan belajar siswa kelas XI IPA semester II SMA laboratorium universitas negeri Malang dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Khairun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisak Khairun. 2010. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang dalam Memahami Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ida Bagus Suryadharma M.S (II) Drs. Muhadi. Kata Kunci Kesulitan Belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Ilmu kimia merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sulit bagi kebanyakan siswa tingkat SMA/ MA. Kesulitan dapat diartikan sebagai kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Salah satu indikator adanya kesulitan belajar siswa adalah rendahnya prestasi belajar yang diperoleh. Dalam mempelajari materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan diperlukan pemahaman dan penguasaan konsep dengan benar. Pemahaman yang benar tentang suatu konsep merupakan hal yang penting untuk menghindari terjadinya kesalahan konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam (1) memahami dan menentukan Kelarutan (2) memahami dan menentukan Hasil Kali Kelarutan (3) memahami Pengaruh Penambahan Ion Senama dan menentukan Kelarutan Zat dalam Larutan yang Mengandung Ion Senama dan (4) meramalkan Reaksi Pengendapan berdasarkan Hasil kali Kelarutan. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI-IPA1 dan XI-IPA2 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2008/2009 semester genap yang berjumlah 49 siswa seluruhnya diambil sebagai sampel. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes obyektif pilihan ganda sebanyak 14 butir soal. Semuanya valid 13 butir soal dengan daya beda cukup dan 1 butir soal dengan daya beda baik. Harga reliabilitas instrumen tergolong tinggi yakni 0 725. Selanjutnya data dianalisis dengan menghitung persentase kesulitan tiap rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa kelas XI IPA SMA Laboratorium UM yang mengalami kesulitan adalah (1) Cukup besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menentukan Kelarutan yakni 45 23%. (2) Sebagian kecil siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menentukan Hasil Kali Kelarutan yakni 39 28%. (3) Sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menentukan Kelarutan Zat dalam Larutan yang mengandung Ion Senama yakni 75 50% dan (4) Sebagian kecil siswa mengalami kesulitan dalam meramalkan Reaksi Pengendapan berdasarkan Hasil Kali Kelarutan yakni 38 77%. Kesulitan terbesar yang dihadapi siswa adalah memahami dan menentukan Kelarutan Zat dalam Larutan yang mengandung Ion Senama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/22920

Actions (login required)

View Item View Item