Pengembangan media biblioedukasi untuk meningkatkan empati siswa di SMA Negeri 1 Sidayu-Gresik / Ahmad Thoriq Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media biblioedukasi untuk meningkatkan empati siswa di SMA Negeri 1 Sidayu-Gresik / Ahmad Thoriq Aziz

Aziz, Ahmad Thoriq (2016) Pengembangan media biblioedukasi untuk meningkatkan empati siswa di SMA Negeri 1 Sidayu-Gresik / Ahmad Thoriq Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aziz Ahmad Thoriq. 2016. Pengembangan Media Biblioedukasi untuk MeningkatkanEmpati Siswa di SMA Negeri 1 Sidayu Gresik. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Harmiyanto M.Pd. (II) Yuliati Hotifah S.Psi. M.Pd. Kata kunci empati biblioedukasi. Empati adalah suatu kemampuan untuk menempatkan diri pada pikiran dan perasaan orang lain tanpa harus secara nyata terlibat dalam perasaan maupun tanggapan orang tersebut dalam bentuk reaksi kognitif maupun afektif. Rendahnya empati siswa dapat menyebabkan adanya tindakan kekerasan pelecehan antar siswa bullying dan banyak lagi dalam kehidupan siswa. Empati pada siswa dapat ditingkatkan melalui bimbingan dengan menggunakan metode biblioedukasi dalam pelaksanaannya melalui media berupa bahan bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan biblioedukasi untuk meningkatkan empati siswa SMA. Prosedur pengembangan biblioedukasi mengadaptasi dari model Borg and Gall (1989). Langkah-langkah pengembangan meliputi (1) Research and information collecting (2) Planning (3) develop preliminary form of product (4) Main product revision (5) Operational product testing (6) Operational filed testing (7) Final product revision. Tehnik pengumpulan data menggunakan instrument dan skala pengukuran. Analisis data uji ahli dan uji calon pengguna produk menggunakan tehnik analisis rata-rata. Hasil penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk yang dinamakan media biblioedukasi. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi ahli media dan calon pengguna produk memiliki penilaian bahwa media hasil pengembangan tersebut dinyatakan sangat layak sangat berguna sangat tepat dan sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian kelompok kecil hasilnya dinyatakan sangat layak sangat berguna sangat tepat dan sangat menarik. Maka dapat disimpulkan bahwa media hasil dari pengembangan tersebut telah memenuhi syarat keberterimaan dalam kategori kegunaan sangat berguna sangat tepat sangat layak dan sangat menarik. Hasil pengembangan ini dapat digunakan oleh konselor SMA Negeri 1 Sidayu dalam membantu siswa agar dapat memahami dan meningkatkan rasa empati yang dimilikinya sehingga siswa lebih mengenal lebih memahami dan juga lebih mudah dalam beradaptasi dengan keadaan disekitarnya. Berdasarkan hasil penilitian dan pengembangan tersebut peneliti menyarankan kepada konselor sekolah untuk lebih giat dalam memberikan layanan kepada siswa melalui media pengembangan ini agar dapat menumbuhkan aspek kognitif dan afektif yang dimiliki siswa sehingga siswa dapat meningkatkan rasa empati yang dimilikinya. Saran untuk peneliti selanjutya agar melakukan pengujian terhadap keefektifan media biblioedukasi di luar proses penelitian misalnya beberapa waktu setelah dilaksanakannya penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2291

Actions (login required)

View Item View Item