Tisnawati, Immas Rara Ayu (2011) Pemanfaatan media kartu kata untuk mengenal simbol-simbol bahasa di TK Al-Hidayah Kesamben Blitar / Immas Rara Ayu Tisnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kartu kata simbol bahasa TK. Di TK Al-Hidayah Kesamben - Blitar pendidik (guru) pada Kelompok B dihadapkan pada kesulitan untuk mentransformasi pengetahuan/ kemampuan mengenal simbol-simbol bahasa pada anak didik dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan yang disebabkan oleh 1) kurangnya pemahaman guru mengenai jenis media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran mengenal simbol-simbol bahasa 2) kurangnya minat/ketertarikan anak didik terhadap media pembelajaran yang digunakan dan 3) tidak efektifnya media pembelajaran yang digunakan untuk membentuk pemahaman anak didik dalam mengenal simbol-simbol bahasa (huruf). Oleh karenanya peneliti melakukan penelitian tentang pemanfaatan media kartu kata dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada 20 anak didik guna meningkatkan kemampuannya mengenal simbol-simbol bahasa. Penelitian tentang pemanfaatan media kartu kata untuk mengenal simbol-simbol bahasa di TK Al-Hidayah Kesamben - Blitar ini dirancang dengan menggunakan model penelitian Arif Sadiman dan A. Fathoni dan terdiri dari 2 tahapan kegiatan pokok meliputi 1) penelitian tentang pemanfaatan kartu kata dalam kegiatan pembelajaran mengenal simbolsimbol bahasa di TK Al-Hidayah Kesamben - Blitar dan 2) efektifitas penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan mengenal simbol-simbol bahasa anak didik. Penelitian didesain menggunakan one group pre-post test design. Kemampuan mengenal simbol-simbol bahasa anak didik yang diteliti meliputi meliputi 1) kemampuan mengenal/menghafal huruf 2) kemampuan merangkai huruf menjadi suku kata (mengeja) 3) kemampuan merangkai suku kata menjadi kata dan 4) kemampuan merangkai kata menjadi kalimat sederhana. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pada tahap pra penelitian (pre-test) kemampuan mengenal simbol-simbol bahasa keseluruhan anak didik termasuk dalam kategori Kurang . Pada pertemuan I 9 (45%) anak didik mampu mencapai kategori kemampuan Cukup dan 11 (55%) anak didik masih memiliki kemampuan dalam kategori Kurang . Pada pertemuan II 10 (50%) anak didik mampu mencapai kategori kemampuan Cukup Baik dan 10 (50%) anak didik mampu mencapai kategori kemampuan Cukup . Sedangkan pada pertemuan III (post-test) seluruh anak didik mampu mencapai kategori kemampuan Cukup Baik . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media kartu kata untuk mengenalkan simbol-simbol bahasa pada anak didik TK Al-Hidayah Kesamben - Blitar Kelompok B dapat meningkatkan kemampuan mengenal simbol-simbol bahasa anak didik dan efektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |