Pengembangan panduan perencanaan karier dengan permainan simulasi bagi siswa SMA kelas XI / Ardi Wira Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan perencanaan karier dengan permainan simulasi bagi siswa SMA kelas XI / Ardi Wira Kusuma

Kusuma, Ardi Wira (2016) Pengembangan panduan perencanaan karier dengan permainan simulasi bagi siswa SMA kelas XI / Ardi Wira Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wira Kusuma Ardi. 2016. Pengembangan Panduan Perencanaan Karier dengan Permainan Simulasi bagi Siswa SMA. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Harmiyanto M.Pd dan (II) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd Kata Kunci Perencanaan Karier Permainan Simulasi Perencanaan karier merupakan suatu proses dimana siswa membuat rencana-rencana yang akan ditempuh untuk mencapai masa depan yang lebih baik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Perencanaan karier sangat dibutuhkan oleh setiap siswa dalam mempersiapkan masa depannya agar dapat meraih cita-cita yang diinginkan sesuai dengan kemampuannya. Konselor sebagai pemberi layanan bimbingan dan konseling di sekolah perlu memberikan layanan terkait dengan karier siswa. Layanan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah permainan simulasi yang layak menjadi salah satu alternatif pilihan model pembelajaran dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling khususnya bidang karier. Penelitian dilaksanakan untuk menghasilkan suatu produk yang berupa panduan perencanaan karier dengan permainan simulasi yang tepat berguna mudah dan menarik bagi konselor. Produk yang dihasilkan oleh penelitian ini berupa buku panduan dan beberan permainan simulasi sebagai metode pembelajaran dalam meningkatkan mutu layanan bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam penelitian diadaptasi dari sepuluh langkah Borg and Gall (1983). Ketujuh langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Information Collecting Planning Develop Preliminary of Product Preliminary Field Testing Main Product Revision Main Field Test Final Product Revision. Validasi dalam penelitian ini terdiri dari subjek Ahli pengembangan produk yaitu ahli bimbingan dan konseling dan ahli media pembelajaran subjek uji coba calon pengguna produk yaitu konselor dan konseli sebagai sasaran layanan produk. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara dan pedoman observasi. Data hasil pengembangan didapatkan dengan menggunakan rerata. Hasil penilaian ahli media pembelajaran dan ahli materi menunjukkan bahwa permainan simulasi sebagai metode pembelajaran merupakan produk yang layak digunakan untuk konselor dalam melaksanakan layanan bimbingan. Hasil penilaian calon pengguna produk menunjukkan bahwa produk ini merupakan produk yang layak digunakan sebagai alteratif pembelajaran. Hasil penilaian siswa menunjukkan bahwa produk merupakan layanan yang diberikan kepada siswa. Siswa menyatakan bahwa produk bermanfaat dalam memberikan informasi tentang karier. Beberapa saran bagi konselor siswa dan peneliti selanjutnya berhubungan dengan panduan perencanaan karier dengan permainan simulasi bagi siswa SMA. pertama konselor dapat menggunakan produk ini sebagai model pembelajaran dalam pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling. Kedua perlunya keaktifan bagi siswa dalam mengikuti kegiatan permainan untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan dalam merencanakan karier dan dapat memutuskan karier yang sesuai dengan kemampuannya. Ketiga perlunya melakukan penelitian secara uji kelompok besar dalam rangka uji keefektifan produk penelitian tindakan bimbingan ataupun pengembangan produk untuk topik lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2289

Actions (login required)

View Item View Item