Peningkatan empati siswa melalui teknik drama segitiga Karpman di SMP Ardjuna Malang / Okky Rahmadya - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan empati siswa melalui teknik drama segitiga Karpman di SMP Ardjuna Malang / Okky Rahmadya

Rahmadya, Okky (2016) Peningkatan empati siswa melalui teknik drama segitiga Karpman di SMP Ardjuna Malang / Okky Rahmadya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmadya Okky. 2016. Peningkatan Empati Siswa Melalui Teknik Drama Segitiga Di SMP Ardjuna Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Andi Mappiare AT M.Pd. (II) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd Kata Kunci Empati Drama Segitiga Karpman Empati merupakan suatu kemampuan kognitif dan afektif yang timbul dalam diri individu untuk memahami apa yang sedang dipikirkan dan merasakan kondisi yang sedang dialami orang lain tanpa kehilangan kontrol diri. Tingginya keterampilan empati yang dimiliki siswa dapat meningkatkan kepekaan terhadap perasaan orang lain. Empati bukan hanya sekedar ikut merasakan tetapi juga berbuat dengan tindakan nyata. Peningkatan empati pada siswa sangat penting untuk ditingkatkan karena saat ini banyak permasalahan di kalangan remaja yang disebabkan rendahnya keterampilan empati. Teknik Drama Segitiga Karpman merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan empati yang dimiliki siswa. Melalui Drama Segitiga Karpman siswa diajarkan untuk memecahkan masalah melalui komunikasi yang lebih bertanggung jawab dan penuh kesadaran diri. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design dengan subjek penelitian siswa SMP kelas VII dan VIII berjumlah 33 orang. Penentuan subjek eksperimen ditentukan berdasarkan 9 subjek bernilai terendah dari hasil analisis instrumen skala empati. Kemudian 9 subjek eksperimen tersebut dibagi menjadi 3 kelompok yang di dalamya berisi 3 subjek eksperimen dan nantinya 9 subjek eksperimen tersebut akan memainkan Drama Segitiga Karpman. Hasil penelitian uji analisis Wilcoxon Signed Ranks Test (WSRT) menunjukkan nilai beda sebesar (Z -4.373b) dengan nilai signifikansi 0.028 dan terjadi peningkatan nilai pada posttest 1 posttest 2 posttest 3. Pada posttest 1 terdapat nilai signifikan sebesar 0.000 pada posttest 2 masih belum mengalami peningkatan nilai signifikansi pada posttest 3 nilai signifikansi mengalami peningkatan sebesar 0.028. Dengan kata lain terjadi perubahan skor antara nilai posttest 1 posttest 2 dan posttest 3. Nilai probabilty eror kurang dari 0.05 (p 0.028

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Oct 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2283

Actions (login required)

View Item View Item