Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP / Rizka Rosida Hayuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP / Rizka Rosida Hayuni

Hayuni, Rizka Rosida (2016) Pengembangan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP / Rizka Rosida Hayuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hayuni Rizka Rosida. 2016. Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd. (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci sosiodrama kepedulian sosial siswa SMP Kepedulian sosial adalah suatu sikap mau memberi bantuan memberi perhatian dan berbagi dengan orang lain. Berdasarkan hasil studi awal ada perilaku remaja tertentu yang mengindikasikan rendahnya kepedulian sosial seperti kurangnya kesadaran dalam membantu guru orang tua maupun teman yang kesulitan memahami pelajaran. Remaja SMP memerlukan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kepedulian sosial. Salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling adalah teknik sosiodrama. Penerapan teknik sosiodrama memerlukan suatu panduan pelaksanaan agar layanan berjalan efektif. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP yang berterima secara teoritis dan praktis. Metode penelitian pengembangan ini mengadaptasi dari model Borg and Gall (1983) yang tahapannya meliputi perencanaan pengembangan produk dan uji coba produk. Desain pengujian produk menggunakan tiga tahap pengujian produk yaitu melalui penilaian ahli materi dan ahli drama penilaian calon pengguna produk dan pengujian produk terbatas dalam tataran kelompok kecil. Data dikumpulkan dengan instrumen skala penilaian. Jenis data yang dihimpun adalah data numerikal dan data verbal. Data numerical dianalisis menggunakan rerata dan data verbal dianalisis dengan menyimpulkan masukan-masukan hasil pengujian produk. Hasil pengembangan ini adalah panduan sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP. Berdasarkan penilaian ahli produk ini memenuhi kriteria sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan sangat menarik. Calon pengguna produk memberikan penilaian sangat tepat sangat berguna cukup mudah cukup menarik sehingga bermakna sangat layak untuk digunakan. Dapat disimpulkan bahwa produk ini telah berterima secara teoritis melalui penilaian ahli dan berterima secara praktis melalui penilaian calon pengguna produk dan pengujian produk terbatas. Disarankan pada konselor mengunakan Panduan sosiodrama untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP. Konselor dapat juga memperbaiki produk melalui penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat menguji efektifitas produk melalui penelitian eksperimen. .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2282

Actions (login required)

View Item View Item