Sari, Diah Kartika (2016) Pengembangan panduan pelatihan keterampilan asertif untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP / Diah Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sari Diah Kartika. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Keterampilan Asertif Untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dany Moenindyah Handarini M.A (II) Dr. Muslihati S.Ag M.Pd Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa panduan pelatihan keterampilan asetif untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP yang keberterimaannya telah diuji berdasarkan aspek ketepatan aspek kelayakan aspek kepatutan dan aspek kegunaan sebagai alat atau sarana yang dapat digunakan oleh konselor untuk mencegah perilaku bullying pada siswa SMP di sekolah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadaptasi langkah-langkah pengembangan berdasarkan startegi pengembangan Research and Development dari Borg and Gall (1983) yang terdiri dari tahap perencanaan tahap pengembangan produk dan tahap uji coba. Data dikumpulkan melalui format uji ahli dan uji calon pengguna berupa skala penilaian. Data yang diperoleh ialah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan metode analisis Inter Rater Agreement dan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Analisis terhadap hasil uji ahli dan uji calon pengguna menunjukkan bahwa panduan tersebut memenuhi kriteria dan layak diadaptasi sebagai panduan pelatihan keterampilan asertif untuk mencegah perilaku bullying siswa SMP sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil uji ahli dan uji calon pengguna terhadap pengembangan buku panduan pelatihan keterampilan asertif untuk mencegah perilaku bullying untuk konselor dan buku panduan keterampilan asertif untuk mencegah perilaku bullying untuk siswa ini memiliki keberterimaan berguna keberterimaan layak keberterimaan tepat dan keberterimaan patut. Berdasarkan penilaian tersebut maka produk pengembangan ini dapat dijadikan sebagai panduan bagi konselor untuk membantu siswa SMP dalam mengembangkan aspek pribadi dan sosialnya khususnya dalam mengembangkan keterampilan asertif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2279 |
Actions (login required)
View Item |