Studi kasus konsep diri akademik siswa sekolah dasar / Anita Putri Budiarsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus konsep diri akademik siswa sekolah dasar / Anita Putri Budiarsih

Budiarsih, Anita Putri (2016) Studi kasus konsep diri akademik siswa sekolah dasar / Anita Putri Budiarsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiarsih Anita Putri. 2016. Studi Kasus Konsep Diri Akademik Siswa Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd. (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes. Kata Kunci Konsep Diri Akademik Siswa Sekolah Dasar Sekolah dasar umumnya ditempuh siswa selama enam tahun namun sering ada beberapa siswa yang menyelesaikan pendidikan di sekolah dasar selama lebih dari enam tahun. Siswa dalam penelitian ini misalnya pernah tidak naik kelas karena sering membolos. Hal ini akhirnya membuat siswa tertinggal pelajaran dan sulit mengejar ketertinggalannya. Sehingga siswa sering mendapat nilai di bawah rat-rata nilai teman sekelasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri akademik siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis ancangan deskriptif/interpretif dan tipe penelitian Studi Kasus. Informan utama dalam penelitian ini adalah salah seorang siswa sekolah dasar dan informan pendukung adalah wali kelas kakek-nenek dan ibu kandung siswa serta salah seorang teman siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Penelitian studi kasus ini meliputi tahap 1) Penetapan pertanyaan riset 2) Penentuan kasus dan teknik pengumpulan data dan teknik analisis 3) Persiapan untuk mengumpulkan data 4) Pengumpulan data dalam kancah 5) Evaluasi dan analisis data serta 6) Penyiapan laporan. Hasil penelitian ini adalah siswa memiliki konsep diri akademik yaitu aku tidak pintar matematika. Munculnya konsep diri akademik tersebut dikarenakan siswa sering mendapatkan nilai di bawah rata-rata nilai teman sekelasnya. Siswa merasa bahwa dirinya tidak sepintar teman-temannya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan 1) Bagi guru agar dapat bekerjasama dengan orangtua atau wali siswa agar pembentukan konsep diri siswa dapat sejalan dan berkesinambungan dengan lingkungan keluarga. 2) Bagi konselor kunjung agar mulai memberikan perhatian lebih dalam hal pembentukan konsep diri pada siswa di tingkat sekolah dasar. 3) Bagi peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian yang mencakup deskripsi konsep diri siswa tingkat sekolah dasar secara lebih luas dan mendalam sebab perkembangan siswa terjadi sangat cepat sehingga dimungkinkan muncul berbagai konsep diri di luar prediksi guru serta orang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item View Item