Keefektifan teknik problem solving untuk meningkatkan ketepatan pengambilan keputusan karis siswa SMP / Putri Sih Anekasari

Anekasari, Putri Sih (2016) Keefektifan teknik problem solving untuk meningkatkan ketepatan pengambilan keputusan karis siswa SMP / Putri Sih Anekasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anekasari, Putri Sih. 2016. KeefektifanTeknik Problem Solving untukMeningkatkanKetepatanPengambilanKeputusanKarirSiswa SMP. Skripsi, JurusanBimbingandanKonseling, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. NurHidayah, M.Pd (2) Dr. H. M. Ramli, MA. Kata kunci: keefektifan, ketepatanpengambilankeputusankarir, problem solving. Ketepatan pengambilan keputusan karir siswa SMP dimulai dari pengambilan peminatan di Sekolah Menengah Atas. Hal ini perlu dipersiapkan pada saat siswa menempuh pendidikan di SMP. Banyak siswa ditemukan sering melimpahkan tanggung jawab dalam menentukan pilihan peminatan pada lain (orang tua, guru, ikut-ikutanteman), timbul perasaan tidak puas terhadap bidan peminatan yang sedangditempuh, timbul perasaantidak nyaman dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas pada peminatan yang dijalaninya, naifnya dapat berdampak pada perilaku menyimpang seperti membolos dan juga tidak mengerjakan tugas. Untukitudiperlukan layanan yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan ketepatan pengambilan keputusan karir siswa SMP, untuk mencegah timbulnya masalah dalam ketepatan pengambilan keputusan karir. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik problem solving dalam meningkatkan ketepatan pengambilan keputusan karir siswa SMP, teknik problem solving dapat menjadi rujukan dalam meningkatkan ketepatan pengambilan keputusan karir siswa SMP. Pelaksaan treatment teknik problem solving menggunakan buku panduan sebagai acuan dalam melaksanakan treatment. Penelitian ini mengacu pada teori pengambilan keputusan karir Krumboltz dengan desain interupted time series. Subjek peneliti ialah siswa SMP Negeri 21 Malang kelas 8 sebanyak 11 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket, realiabilitas instrumen sebesar 0,919≥ 0,006. Kemudian dilakukan uji keefektifan teknik problem solving melalui uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan menggunakan bantuan SPSS 20 for Windows. Nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai 0,000 ≤ 0,005, maka disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil ketepatan pengambilan keputusan karir setelah diberikan treatment. Selainitu, didukung juga dengan data kualitatif melalui refleksi pasca pemberian treatment dengan wawancara, diketahui sebagian besar subjek memiliki kematangan dalam menentukan ketepatan pengambilan keputusan karir melalui peminatan yang dipilihnya. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknik problem solving efektif untuk meningkatkan ketepatan pengambilan keputusan karir siswa SMP. Berdasarkan temuan ini, diajukan beberapa saran. Saran bagi konselor ialah menggunakan teknik problem solving dalam meningkatkan ketepatan pengambilan keputusankarir. Penelitian selanjutnya dapat menguji keefektifan teknik problem solving dalam meningkatkan aspek yang lain seperti daya juang, berpikir kritis, dan konflik interpersonal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2274

Actions (login required)

View Item View Item