Pengembangan panduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan melalui strategi experiential learning bagi siswa SMP / Layli Novita Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan melalui strategi experiential learning bagi siswa SMP / Layli Novita Rachmawati

Rachmawati, Layli Novita (2016) Pengembangan panduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan melalui strategi experiential learning bagi siswa SMP / Layli Novita Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rachmawati Layli Novita. 2016. Pengembangan Panduan Pelatihan Efikasi Diri dalam Hubungan Pertemanan melalui Strategi Experiential Learning bagi Siswa SMP.Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd. (2) Drs. H. Harmiyanto M.Pd. Kata kunci pengembangan panduan efikasi diri hubungan pertemanan experiential learning Remaja tingkat SMP banyak yang mengalami ketidakyakinan dalam dirinya termasuk ketidakyakinan dalam hubungan dengan teman sebaya. Banyak siswa merasa minder ragu tidak percaya diri menutup diri dari pertemanan bahkan memilih-milih teman sesuai keadaan dirinya. Permasalahan tersebut berdampak pada perkembangan sosial yang kurang optimal. Oleh karena itu diperlukan alternatif layanan yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan keyakinan diri dalam hubungan pertemanan dalam bentuk pelatihan dengan strategi experiential learning. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan panduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan melalui strategi experiential learning bagi siswa SMP. Melalui panduan pelatihan ini diharapkan konselor dapat mengunakannya sebagai media dalam memberikan layanan bimbingan pribadi-sosial khususnya dalam meningkatkan keyakinan diri siswa di dalam hubungan pertemanan. Panduan pelatihan ini adalah bahan ajar berbasis buku cetak yang berisi materi langkah kegiatan pelatihan serta evaluasi. Prosedur penelitian dan pengembangan panduan pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan ini mengadaptasi pengembangan Borg and Gall (1983) yang dilakukan dalam 3 tahapan yaitu (1) perencanaan pengembangan produk (2) pengembangan produk dan (3) uji coba Produk. Subjek uji ahli terdi-ri dari ahli materi ahli perancangan produk dan calon pengguna produk (konselor dan siswa). Disamping itu dilakukan uji keefektifan produk melalui uji wilcoxon didapatkan hasil Z sebesar -2 201b dan nilai Asymp.sig. (2-tailed) sebesar 0 028. Karena nilai 0 028 0 05 dapat disimpulkan bahwa pelatihan efikasi diri dalam hubungan pertemanan melalui strategi experiential learning terbukti efektif. Berdasarkan hasil analisis data penilaian ahli dan calon pengguna serta revisi-revisi yang dilakukan sesuai dengan saran dan masukan terhadap produk ini dapat disimpulkan bahwa panduan pelatihan ini memenuhi kriteria keberterimaan secara teoritik dan praktik dengan baik dan terbukti efektif dalam meningkatkan efikasi diri siswa di dalam hubungan pertemanan. Hasil produk panduan pelatihan ini dapat diajukan beberapa saran. Saran bagi konselor yaitu menggunakan panduan sebagai media dalam layanan bimbingan pribadi-sosial kepada siswa khususnya dalam meningkatkan efikasi diri di dalam hubungan pertemanan. Peneliti selanjutnya format penilaian oleh ahli dan calon pengguna dapat diperhatikan secara rinci karena penilaian isi/content produk oleh masing-masing ahli maupun pengguna tidaklah sama. Selain itu dalam pengembangan selanjutnya tampilan serta content panduan perlu juga diperhatikan secara rinci sehingga tidak banyak perbaikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item