Fiorentika, Kasa (2016) Keefektifan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP / Kasa Fiorentika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fiorentika Kasa. 2016. Keefektifan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd (II) Irene Maya Simon S.Pd M.Pd. Kata kunci self-instruction kepercayaan diri siswa SMP. Kepercayaan diri merupakan salah satu dari konsep diri yang ditandai dengan adanya keyakinan pada kemampuan diri sendiri. Kepercayaan diri yang rendah pada siswa berakibat pada sikap dan perilaku di sekolah misalnya siswa menghindar untuk berkomunikasi dengan teman diam tidak berani mengemukakan pendapat di kelas dan sulit beradaptasi. Munculnya fenomena kurang percaya diri mendorong perlunya dilakukan penelitian pada siswa kelas VII SMP. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dapat dilakukan dengan menggunakan teknik self-instruction. Teknik self-instruction adalah salah satu teknik dari Cognitive Behavioral Therapy yaitu memerintahkan kepada diri-sendiri dengan kalimat positif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan teknik self-instruction untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest dimana dilakukan pengukuran sekali sebelum dan sesudah perlakuan untuk melihat kondisi subjek penelitian. Instrumen penelitian berupa inventori kepercayaan diri yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan hasil validitas 48 item valid dari 68 item awal dan memiliki reliabilitas sebesar 0 850. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII G SMPN 20 Malang yang mengalami tingkat kepercayaan diri rendah sebanyak empat orang dan sedang sebanyak satu orang siswa. Penelitian menggunakan analisis data statistik non-parametrik. Data penelitian yang telah terkumpul dianalisis dengan uji Wilcoxon. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor pretest dan posttest setelah pemberian konseling kelompok dengan teknik self-instruction. Hasil penelitian disimpulkan bahwa teknik self-instruction efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII SMP dilihat dari nilai Asymp. Sig. (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0 043. Signifikasi dibawah 0 05 (0 043
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2271 |
Actions (login required)
View Item |